fbpx

Normalkah Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi

Bagikan Artikel ini:

4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi, Apakah Normal?

Apakah ini kehamilan pertama Anda? Tapi usia kehamilan 4 bulan belum merasakan gerakan bayi? Apakah ini hal yang normal? Mari temukan jawabannya pada ulasan dalam artikel ini.

4 bulan adalah masa dimana janin dalam kandungan sudah terlihat berbentuk menyerupai bayi, meskipun dengan keadaan berat yang hanya 25 gram pada awal bulan dan naik menjadi 130 gram pada akhir bulan. Hal tersebut menunjukan bahwa dalam keadaan usia 4 bulan ini bayi normal akan melakukan gerakan yang halus.

Gerakan bayi di kehamilan pertama bisa dirasakan saat usia kandungan +/- 18 – 20 minggu atau  4-5 bulan. Akan tetapi ini akan sangat tergantung dari sensitivitas sang ibu sendiri. Kadang beberapa ibu yang baru hamil belum tau dengan jelas kapan dan seperti apa bayi bergerak sampai nantinya mencapai usia kandungan yang lebih tua.

Apalagi ketika kandungan 4 bulan ini bayi biasanya masih melakukan tendangan dengan halus yang dirasakan seperti sensasi berdenyut yang berasal dari dalam perut oleh ibu. Gerakan bayi biasanya bisa lebih aktif pada malam hari saat menjelang ibu tidur,tapi ada juga Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? mari simak penjelasan artikel tentang Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi.

Maka dari itu untuk dapat merasakan gerakan bayi coba relaksasikan tubuh Anda dan buat kondisi kamar tenang juga santai. Sambil memperhatikan dengan seksama adakah sensasi berdenyut dari dalam perut Anda atau gerakan halus seperti bergeser dari dalam perut  Anda.

Normalkah Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi

Yang perlu Anda lakukan jika usia kehamilan 4 bulan belum merasakan gerakan bayi

Sampai memasuki usia kehamilan 5 bulan – 9 bulan bayi akan mulai melakukan gerakan lebih jelas. Misalnya tendangan keras dengan waktu yang lebih lama yang dapat ibu rasakan. Bila sampai usia kehamilan > dari 20 minggu dan Anda masih belum dapat merasakan gerakan bayi maka Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar dapat melihat kondisi bayi Anda dengan cara pemeriksaan USG.

Janin itu seperti layaknya manusia dewasa, butuh nutrisi, ia beraktivitas, dan butuh tidur setiap hari. Gerakan janin bisa dirasakan pada usia kehamilan 15 minggu ke atas. Pada umumnya mungkin hanya gerakan lembut yang lama kelamaan akan jadi lebih kuat. Untuk gerakan janin ke kanan atau ke kiri adalah normal, yang penting masih bergerak.

Pergerakan janin yang dirasakan Ibu hamil memang merupakan sensasi luar biasa dari kehamilan. Ada beberapa wanita merasakan adanya quickening ataupun pergerakan janin antara minggu ke 16 – 20, waktunya bisa berbeda di antara wanita.

Selain itu juga yang harus anda lakukan jika pada Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi adalah sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup

Dengan beristirahat semuanya akan tenang dan pikiran menjadi rileks, bukan hanya anda tapi janin yang sedang dikandung akan merasakan rileks, dan akan menjadikan bayi bergerak karena merasa nyaman.

  • Tidur miring ke kiri selama 2 jam dan rasakan gerakan janin

Biasanya keadaan tidur miring selama 2 jam ini suka dipakai oeh Ibu hamil sebagai cara untuk menghitung tendangan yang dilakukan oleh bayi.Menghitung tendangan janin merupakan metode yang dapat digunakan untuk memperkirakan kesehatan dankesejahteraan janin.Metode yang sangat mudah dan tidak butuh waktu khusus uuntuk melakukannya. Metode ini bisa dilakukan dimana saja.Saat ibu hamil merasakan gerakan janin, saat itu juga ibu meningkatkan keterikatan atau bonding antara dirinya dengan janin.

  • Nutrisi yang baik untuk ibu hamil

Dengan nutrisi yang sangat baik bisa menjadikan bayi dalam keadaan sehat. Nutrisi apa sajakah yang dibutuhkan? seperti sayuran, buah, olahan susu, seafood, sereal, kacang-kacangan, air kelapa.

Urutan Tanda Pergerakan Janin Per Trimester

Apabila ini merupakan kehamilan pertama maka memang beberapa Ibu baru akan mulai merasakan pergerakan janin pada minggu ke-20. Gerakan janin yang pertama dirasakan seperti perasaan adanya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai “gelembung gas” ataupun “denyut”. Bila Ibu sudah pernah hamil sebelumnya sang Ibu akan tahu bahwa perasaan ini adalah pergerakan janin.

Hingga pada usia kehamilan 28 minggu, gerakan janin belumlah terlalu bermakna, dalam artian belum bisa menjadi indikator kesehatan seperti layaknya pada trimester terakhir. Gerakan janin mulai teratur di usia kehamilan lebih dari 28 minggu.  Pada kehamilan trimester ini,  janin yang belum terlalu besar dan cairan ketuban yang banyak sehingga janin dapat bergerak cukup aktif bahkan bisa berputar-putar dalam rahim.

Trimester Pertama

Urutan Tanda Pergerakan Janin Per Trimester

Pada trimester pertama, 1 sampai dengan 3 bulan, yang berbentuk sel telur kini sudah secara bertahap akan menyerupai udang yang masih berukuran kecil. Udang kecil yang msih disebut sel telur ini akan semakin berkembang saat memasuki usia kehamilan dua bulan yang mulai terbentuk organ vital jantung serta susunan saraf sejak awal bulan pertama.

Bentuk udang ini akan menyerupai bayi pada pertengahan bulan kedua, dengan terbentuknya wajah bayi serta kepala yang membesar. Tanda-tanda kehiidupa akan muncul seiring detak jantung berdenyut dengan lembut.Dan akan terlihat jelas tali pusar serta muncul otot-otot.

Bentuk dan kehidupan pun akan semakin sempurna pada bulan ketiga, akan terbentuknya tangan, kaki, telinga,pemisahan jari-jari. Dan akan semakin medekati sempurna pada akhir bulan ketiga sampai ke bulan keempat yang paling jelas terlihat bagian-bagian vital si janin.

Trimester Kedua

Normalkah Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi

Pada trimester kedua ini bayi semakin mendekati sempurna, karena sudah mulai terbentuk semuanya, dan jika dilihat USG akan terlihat gambarannya.

Dalam trimester ini terjadi perkembangan dengant cepat yang menyebabkannya bentuk alis, bulu mata serta rambut tumbuh. Kulit juga mulai berkembang dengan dimulai dari kulit yang sangat tipis.Sama halnya dengan pertumbuhan yang lain, panca indera seperti mata, hidung, telinga dan juga mulut akan terbentuk.Berat si janin pun hanya 45 gram dan pada akhir bulan keempat akan mencapai 160 gram.

Pada Usia kandungan lima bulan bayi akan mulai membentuk selaput putih yang melapisi tubuh serta kulitnya yang dikenal dengan sebutan ari-ari.Pada usia kandungan enam bulan sistem pencernaan bayi akan semakin sempurna sehingga mulai berfungsi yang berdampak pada berat badan bayi yang bertambah hingga mencapai 650 gram dengan panjang sekitar 12 inci.

Hal yang wajar jika Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi, karena pada umumnya tergantung pada kesehatan si janin tersebut, apabila lemah maka tidak akan ada sedkitpun gerakan bayi.

Trimester Ketiga

Normalkah Usia Kehamilan 4 Bulan Belum Merasakan Gerakan Bayi

Menjelang trimester yang ketiga, janin bisa membuat gerakan sebanyak 30-40 gerakan per jam. Gerakannya akan lebih rutin dan umumnya saat Anda dalam kondisi tenang. Apabila Anda beraktivitas, gerakan janin malah tidak sebanyak biasanya. Menjelang minggu ke-36 hingga akhir, posisi janin yang telah memenuhi ruangan rahim justru akan menyebabkan janin tidak banyak bergerak karena ruang gerak yang cukup sempit. Paling tidak rata-rata Ibu harus merasa janin bergerak kira-kira 10 kali 12 jam.

Setelah melewati tahap usia janin trimester pertama dan kedua,sisanya adalah menunggu kelahiran yang biasa terjadi pada trimester ketiga. Penyempurnaan bayi terjadi pada bukan-bulan ini, dimulai pada bulan ke tujuh yaitu sistem sarafnya mulai bekerja dan otak berkembang dengan sangat pesat.

Bayi mulai bisa membuka dan menutup kelopak mata pada trimester terakhir pada bulan ke delapan. Gerakannya juga sudah bisa dideteksi dan semakin aktif apalagi pada malam hari.Bayi dalam kondisi seperti ini sudah siap dlahirkan, dimana pada usia 8 bulan ini paru-parunya sudah sepenuhnya berkembang,berfngsinya sistem kekebalan tubuh, otak yang sedang bekerja dan berat yang sudah mencapai 2,3 kg tergantung gen bayi tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah bayi tidak akan bergerak jika dalam keadaan lemah dan kurangnya nutrisi.Penuhi kebutuhan cairan selama hamil dengan baik sehingga Ibu lebih merasa nyaman.

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!