fbpx

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa

Bagikan Artikel ini:

AladinSehat.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan ummat Muslim menjalankan kewajibannya yakni berpuasa. Sangat jelas bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan berkah, baik dalam urusan duniawi maupun akhirat. Pada dasarnya Puasa memang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Nah untuk mencapai itu semua anda harus tahu bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa. Oleh karena itu simak ulasan mengenai Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa dibawah ini.

Tips menjaga kesehatan tubuh di bulan puasa
Tips menjaga kesehatan tubuh di bulan puasa

Manfaat Puasa dan Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa

Sebenarnya tujuan berpuasa ini memang sudah jelas sangat baik untuk kesehatan. Terdapat beberapa manfaat jika kita benar-benar menjalankan puasa dengan sehat. Untuk manfaat puasa sendiri sebagai berikut:

  • Mencegah Sel Kanker dalam Tubuh

Puasa menjadi daya tahan tubuh yang sangat baik. Dalam penelitian yang dilakukan University of California dapat mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Penjelasannya memang cukup masuk aka, ketika tubuh sedang dalam keadaan berpuasa maka sel-sel tubuh menjadi protektif dalam menjaga dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Sudah sangat jelas bahwa seseorang yang berniat sungguh-sungguh dengan menjalankan puasa yang sehat di bulan ramdhan maka akan terhindar dari adanya penyakir kanker.

  • Menjadi Diet Yang Sehat

Puasa memang menjadi kesempatan emas bagi anda yang ingin mempunyai tubuh ideal. Dengan menahan segala makan dan minum sebelum waktu berbuka puasa, di yakini akan cepat sekali mengalami pembakaran lemak. Hal ini akan menurunkan tubuh anda secara drastis. Dengan catatan, ketika berbuka puasa tidak boleh sembarang di makan, dan tidak boleh berlebihan. Makanlah secukupnya.

  • Dapat Menyehatkan Jantung

Puasa merupakan salah satu aktifitas pembakaran lemak yang sangat baik. Apa hubungan lemak dengan kesehatan jantung? perlu anda ketahui bahwa jantung cenderung tidak sehat apabila terjadinya penumpukan lemak yang menyebabkan flek didalam pembuluh darah. Hal ini akan menganggu proses dari aliran darah yang membawa oksigen ke jantung.

Maka dari itu orang yang baik dalam menjalankan berbagai proses puasa secara baik dan benar akan menjadikan anda terhindar dari serangan jantung. Bahkan dalam sebuah penelitian mengemukakan bahwa 58% orang yang melakukan rajin puasa maka tidak akan terkena berbagai masalah dalam jantung.

  • Mampu Menyehatkan Sistem Pencernaan

Selama berpuasa sistem pencernaan akan beristirahat. Dalam hal ini sistem pencernaan menjadi lebih kuat dan sehat. Mengapa demikian? dalam pengistirahatan sistem pencernaan, akan meningkatkan fungsi sistem pencernaan juga.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Hal ini sangat bermanfaat sekali, orang yang sedang berpuasa didalam tubuhnya akan mengontrok dan memecahkan kadar glukosa dan membuatnya menjadi energi. Orang yang terserang penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk berpuasa, hal ini dikarenakan kadar gula dalam tubuhnya yang sangat berlebih.

Itulah beberapa manfaat jika kita melakukan puasa. Masih juga mengeluh lesu atau malas berpuasa? ada baiknya berpikir beribu-ribu kali.

Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa?

Tentu dalam menjalankan puasa agar tubuh menjadi seaht terdapat Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa. Hal ini di karenakan masih banyak sekali orang berpuasa namun puasa mereka kebanyakan menambah lesu dan juga sumber penyakit bagi mereka sendiri. Nah oleh karena itu untuk mendapatkan tubuh sehat saat berpuasa alangkah baiknya lakukan tips dibawah ini :

  • Bangun Malam untuk sholat tahajud sebelum Makan sahur

Kebanyakan orang kurang tepat dalam menyantap makan sahur. Padahal hal yang lebih baik anda lakukan sebelum sahur adalah sholat lah terlebih dahulu jangan langsung makan. Hal ini dikarenakan sholat sangatlah penting bagi kesehatan jasmani dan rohani kita. Dengan sholat hati akan tenang, dengan sholat pikiran akan tenang, dan makan sahur pun akan menjadi lebih nikmat.

Bayangkan saja jika anda bangun lalu itu makan sahur, hal yang terjadi adalah makanan tidak akan terasa enak, dan juga anda akan cenderung menjadi malas.

  • Makanan Sahur harus sehat dan bergizi

Faktor kesehatan tubuh atau adanya suatu penyakit tidak lepas dari yang namanya makanan. Oleh karena itu makanan yang baik adalah makanan yang bergizi. Sangat dianjurkan bagia anda mengonsumsi daging, sayur dan buah-buahan. Hal ini dapat menunjang dalam kesehatan anda ketika beraktifitas di bulan puasa.

  • Perbanyaklah minum saat saur

Ingat saat berpuasa tubuh akan mudah sekali kekurangan carian. Oleh karena itu sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk memperbanyak minum. Hal ini supaya tubuh tidak mudah lelah dan mengalami dehidrasi apalagi dalam keadaan cuaca yang panas.

  • Beraktifitaslah secara Wajar tidak berlebihan

Ingat tubuh orang yang berpuasa sangatlah lemah. Oleh karena itu sangat perlu anda menyimpan tenaga anda dengan mengesampingkan aktifitas yang terlalu berat. Lakukanlah aktifitas kerja yang ringan-ringan saja supaya tubuh tidak mudah lemas.

  • Berbuka dengan segera

Ingat buka dengan segera bukan bermaksud anda segera menyantap segala macam apapun makanan, akan tetapi berbukalah secukupnya. Cukup air putih dengan makanan manis seperti buah kurma ataupun yang lainnya. Nah setelah anda melakukan aktifitas sholat magrib silakan makan, namun dengan catatan tetap tidak boleh berlebihan.

  • Gunakan Waktu Malam untuk istirahat

Ada baiknya ketika anda memang benar-benar menginginkan tubuh sehat saat beraktifitas puasa, maka hal yang harus anda lakukan di malam hari adalah istirahat, jangan gunakan malam mu dengan aktifitas yang tidak penting.

Itulah┬áTips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini aamiin…..

Baca Juga: Obat Asam Lambung Alami

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!