fbpx

Telat Haid Tapi Negatif Mengapa Dan Apa Penyebabnya

Bagikan Artikel ini:

Telat Haid Tapi Negatif, kenapa demikian? Siapa diantara anda kaum wanita yang sudah ngalaminya. Jika anda menghitung masa subur dengan menggunakan metode menghitung hari atau kalender, hal seperti ini sangat rentan dialami. Apalagi anda memiliki siklus yang tak teratur. Telat haid tapi negatif pada testpack hal yang mungkin terjadi.

Anda yang mendeteksi masa subur dengan Pendeteksi Air Liur, serta OPK atau Ovulation Predicted Kit, bisa mulai melakukan test pack 12 hari sudah alat tersebut menunjukkan positif pada puncak masa subur. Alat ini memang yang paling mendekati akurat. Sangat pas digunakan untuk banda yang memiliki haid tidak teratur. Anda tinggal mengingat, berapa panjang masa luteal atau masa setelah ovulasi, sebelum haid. Rata-rata masa luteal ini adalah 14 hari, jadi hari ke 15 sesudah alat tersebut menunjukkan positif ovulasi. Merupakan perkiraan hari pertama haid anda.

Jika anda mengalami masalah seperti ini tetaplah tenang jangan merasa cemas, mungkin bisa jadi itu karena anda sedang stres. Artikel dibawah ini akan menjelaskan mengapa ketika terlambat datang bulan tidak hamil dan bagaimana cara menanganinya dengan benar.

Telat Haid Tapi Negatif Mengapa Dan Apa Penyebabnya
Telat Haid Tapi Negatif Mengapa Dan Apa Penyebabnya

Telat Haid Tapi Negatif, Metode Suhu Basal Tubuh BBT

Suhu terendah yang dicapai oleh tubuh selama istirahat atau dalam keadaan istirahat (tidur). Pengukuran suhu basal dilakukan pada pagi hari segera setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lainnya itulah yang disebut dengan suhu basal.

Tujuan dari metode suhu basal untuk mengetahui kapan terjadinya masa subur/ovulasi. Suhu basal tubuh diukur dengan alat yang berupa termometer basal. Termometer basal ini dapat digunakan secara oral, per vagina, atau melalui dubur dan ditempatkan pada lokasi serta waktu yang sama selama 5 menit.

Suhu normal tubuh sekitar 35,5-36 derajat Celcius. Pada waktu ovulasi, suhu akan turun terlebih dahulu dan naik menjadi 37-38 derajat kemudian tidak akan kembali pada suhu 35 derajat Celcius. Pada saat itulah terjadi masa subur/ovulasi.

Kondisi kenaikan suhu tubuh ini akan terjadi sekitar 3-4 hari, kemudian akan turun kembali sekitar 2 derajat dan akhirnya kembali pada suhu tubuh normal sebelum menstruasi. Hal ini terjadi karena produksi progesteron menurun.

Keuntungan:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pada pasangan suami istri tentang masa subur/ovulasi.
  2. Membantu wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur mendeteksi masa subur/ovulasi.
  3. Dapat digunakan sebagai kontrasepsi ataupun meningkatkan kesempatan untuk hamil.
  4. Membantu menunjukkan perubahan tubuh lain pada saat mengalami masa subur/ovulasi seperti perubahan lendir serviks.

Petunjuk Metode Suhu Basal Tubuh:

  1. Suhu diukur pada waktu yang hampir sama setiap pagi (sebelum bangun dari tempat tidur).Catat suhu ibu pada kartu yang telah tersedia.
  2. Gunakan catatan suhu pada kartu tersebut untuk 10 hari pertama dari siklus haid untuk menentukan suhu tertinggi dari suhu yang “normal dan rendah” dalam pola tertentu tanpa kondisi-kondisi di luar normal atau biasanya.
  3. Abaikan setiap suhu tinggi yang disebabkan oleh demam atau gangguan lain.
  4. Tarik garis pada 0,05 derajat celcius – 0,1 derajat celcius di atas suhu tertinggi dari suhu 10 hari tersebut. Garis ini disebut garis pelindung (cover line) atau garis suhu.
  5. Periode tak subur mulai pada sore hari setelah hari ketiga berturut-turut suhu tubuh berada di atas garis pelindung/suhu basal.
  6. Hari pantang senggama dilakukan sejak hari pertama haid hingga sore ketiga kenaikan secara berurutan suhu basal tubuh (setelah masuk periode masa tak subur).
  7. Masa pantang untuk senggama pada metode suhu basal tubuh labih panjang dari metode ovulasi billings.
  8. Perhatikan kondisi lendir subur dan tak subur yang dapat diamati.

waktu-untuk-hamil-lagi-setelah-melepas-kb

 

Jika anda mengalami masalah telat haid tapi negatif, ini ada 3 kemungkinan.

Memang belum telat atau disebut juga ovulasi mundur. Terutama untuk anda yang menggunakan metode menghitung hari. Kalau untuk BBT, bisa jadi mungkin salah menganalisa grafik.

Memang Hamil, akan tapi belum terdeteksi. terutama jika kita dengan buru-buru test pack. Telat haid tapi negatif ? dan akhirnya nangis? Padahal sudah memiliki perasaan hamil kuat banget?

Alat Test packnya eror. Yup, sebelum menggunakan test pack ada baiknya anda cek tanggal kadaluwarsanya. Apakah anda menyimpan test pack di kulkas? ataukah didepan kompor? sebaiknya hindari itu. Karena hal itu dapat menyebabkan test pack sakit dan tak dapat bekerja lagi dengan baik.

Terlambat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil

Kondisi terlambat datang bulan, namun tidak  juga hamil secara medis dikenal dengan istilah amenorrhea sekunder. Kondisi seperti ini mengacu pada penundaan menstruasi yang tidak dialami oleh perempuan dewasa pada usia produktif – setelah lewat masa puber, serta  sebelum datang masa menopause.

Secara umum, amenorrhea sekunder ini dapat dialami oleh seorang perempuan karena danya gangguan pada organ, kelenjar serta ketidakseimbangan hormon reproduksi yang bertugas untuk mengatur menstruasi. Penyebab terjadinya amenorrhea sekunder di dalam kondisi normal ini memang sangat beragam, antara lain:

  • Sedang menyusui

Ketika ibu menyusui tidak mengalami menstruasi untuk beberapa waktu selama melahirkan, tapi tubuh biasanya tetap melepaskan sel telur setelah melahirkan sebelum mendapatkan menstruasi untuk pertama kalinya. Biasanya seseorang tidak akan tahu bahwa ia sedang mengalami ovulasi sampai 2 minggu kemudian, yaitu saat ia mengalami menstruasi.

Saat siklus menstruasi Anda kembali setelah melahirkan, biasanya tubuh tidak melepaskan ovum, yang berarti Anda mengalami anovulasi. Hal ini menyingkirkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Namun, sebagian kecil wanita mengalami ovulasi sebelum menstruasi pertama mereka setelah melahirkan. Kemungkinannya akan meningkat semakin lama Anda tidak mengalami menstruasi sejak melahirkan.

Karena respon tubuh yang tidak dapat diprediksi, maka sangatlah penting bagi Anda untuk menggunakan metode KB lain selain menyusui. Apalagi, jika Anda tidak menyusui secara ekslusif, siklus menstruasi Anda sudah kembali, atau jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 6 bulan.

  • Berhenti atau mulai untuk menggunakan pil kontrasepsi

Biasanya ketika mulai atau berhenti menggunakan pil KB,anda akan hamil dalam waktu yang ditentukan.Waktu yang dibutuhkan untuk seorang wanita bisa kembali hamil lagi setelah berhenti memakai alat KB sangat bervariasi antar individu tergantung dengan alat KB yang dipakai.

  • Stres

Stres secara psikis selain dapat menyebabkan perubahan mood dan juga kehidupan kita sehari-hari ternyata dapat mempengaruhi bagian dari otak anda yang mengontrol siklus menstruasi ini yakni hipotalamus. Selain itu, stres secara psikis diketahui dapat mempengaruhi pola makan yang bisa membuat anda mengalami perubahan berat badan yang juga akan berpengaruh pada siklus menstruasi anda dan menyebabkan anda telat datang bulan tapi tidak hamil.

  • Nutrisi tubuh yang buruk

Nutrisi amatlah penting untuk kehidupan sehari-hari.Jika kita tidak mengonsumsi nutrisi ini secara baik maka dampak langsungnya bisa mempengaruhi kondisi kehamilan.Malnutrisi didefinisikan sebagai kurangnya asupan nutrisi yang cukup, yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh yang normal. Seiring dengan berjalannya waktu, kekurangan nutrisi akan mempengaruhi organ-organ tubuh, dan bisa menghasilkan masalah yang ringan sampai masalah medis yang parah. Sesuai data medis, wanita hamil, wanita menyusui, dan anak-anak berusia di bawah 3 tahun lebih rentan terhadap efek kekurangan gizi daripada kelompok yang lain. Mulai dari saat konsepsi, seorang wanita memegang tanggung jawab untuk mengikuti diet yang sehat dalam jumlah yang banyak, untuk mendukung pertumbuhan kehidupan didalam seluruh bagian rahimnya.

Seorang ibu hamil wajib tahu bahwa asupan gizi sehari-hari tidak hanya penting untuk kesehatan, tapi juga sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik untuk bayinya. Dengan pertimbangan ini, gizi buruk atau malnutrisi selama fase ini adalah penyebab utama dari konsekuensi kehamilan yang buruk.

  • Depresi

Depresi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami perasaan yang sangat sedih, bahkan bisa dikatakan lebih dari sedih. Depresi dapat membuat anda mengalami perasaan sedih hingga rasa lelah yang berlebihan, kehilangan gairah, minat dan juga semangat.

  • Penggunaan dan konsumsi obat-obatan tertentu

Sangat dikontrolnya siklus menstruasi wanita  oleh interaksi antara otak, ovarium (indung telur), dan rahim, maka masalah kesehatan dan obat-obatan yang mengganggu proses interaksi ini dapat mempengaruhi ovulasi (pelepasan telur dari ovarium) dan membuat wanita kesulitan untuk mencapai kehamilan.

  • Kehilangan atau pertambahan berat badan yang terjadi secara drastis

kekurangan berat badan,sangat mungkin mengalami telat datang bulan meskipun tidak sedang hamil. Hal ini disebabkan oleh bahan dasar pembentuk hormon estrogen yang merupakan salah satu hormon penting dalam siklus menstruasi setiap wanita merupakan sel lemak.

Selain berat badan yang kurang, kondisi overweight atau kelebihan berat badan bisa menyebabkan anda mengalami gangguan siklus datang bulan. Penyebabnya tidak lain adalah mekanisme hormonal yang tidak seimbang akibat terus diproduksinya hormon estrogen oleh sel lemak tubuh. Untuk itu sebagai seorang wanita anda perlu memperhatikan pola makan sehari-hari, selain untuk mendapat bentuk tubuh yang ideal anda juga dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan dengan memiliki berat badan yang ideal.

  • Terlalu banyak dan sering dalam berolahraga

Olahraga dikatakan berlebihan jika dilakukan terlalu sering, dengan berkali-kali dilakukan dalam sehari,lebih baik olahraga dilakukan secara teratur bukan secara berlebihan.Wanita yang terlalu keras berolahraga akan kehilangan lemak tubuh yang membantu memproduksi estrogen yang memacu ovulasi. Berolahraga cukup dilakukan 4 sampai 5 hari dalam seminggu selama 30 menit, untuk menjaga denyut jantung 120-130 denyut per menit.

  • Sedang sakit

sedang sakit sama halnya dengan kondisi dimana kita sedang stres dan depresi sehingga akan menyebabkan produksi progesteron menurun,maka terjadilah haid tapi tidak hamil.

  • hormon yang diakibatkan PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome

Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic Ovary Syndrome adalah masalah pada keseimbangan hormon wanita. Pada PCOS, kadar hormon seks wanita, yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron tidak seimbang. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki kista kecil (kantong berisi cairan) di ovariumnya, yang membuat ovarium membesar. Kista ini tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Perubahan pada satu hormon dapat memicu hormon lainnya, sehingga terjadi perubahan lain.

Karena ketidakseimbangan hormon yang dimilikinya, wanita dengan PCOS dapat mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Ketidakteraturan periode menstruasi inilah yang dapat menyebabkan wanita dengan PCOS sulit hamil.

  • Gangguan pada kelenjar tiroid

Penderita gangguan kelenjar tiroid umumnya tetap bisa hamil, selama tidak ada masalah pada organ reproduksinya, Namun pada kasus gangguan penurunan fungsi tiroid (hipotiroid) yang berat maka kondisi ini dapat menyebabkan kemandulan pada penderitanya. Yang perlu diperhatikan pada kasus gangguan tiroid selama kehamilan adalah gejala-gejala yang akan timbul biasanya akan tampak meningkat. Hal ini diduga berkaitan dengan perubahan sistem imun ibu hamil. Gangguan tiroid yang dialami ibu hamil dapat berupa peningkatan fungsi (hipertiroid) atau penurunan fungsi (hipotiroid).

  • Tumor yang ada pada indung telur atau otak

Kanker ovarium adalah kanker yang tumbuh pada indung telur atau ovarium. Penyakit ini menduduki posisi ketujuh di antara jenis-jenis kanker yang paling umum menyerang wanita. Setiap tahunnya, ada sekitar 250.000 kasus kanker ovarium di seluruh dunia, yang menyebabkan 140.000 kematian per tahun.Kanker ini dapat muncul pada segala kelompok usia, tapi umumnya terjadi pada wanita yang sudah masuk masa menopause atau berusia di atas 50 tahun.

Kanker ovarium jarang menimbulkan gejala pada stadium awal. Kalaupun ada, gejala-gejalanya menyerupai konstipasi atau gejala pada iritasi usus. Oleh sebab itu, kanker ovarium biasanya baru terdeteksi ketika kanker sudah menyebar dalam tubuh.Ketika sudah terserang penyakit ini maka sangatlah kecil kemungkinan untuk bisa hamil.

Gejala yang ditimbulkan antaralain:

  1. Perut selalu terasa kembung.
  2. Pembengkakan pada perut.
  3. Sakit perut.
  4. Penurunan berat badan.
  5. Cepat kenyang.
  6. Mual.
  7. Perubahan pada kebiasaan buang air besar, misalnya konstipasi (sulit buang air besar).
  8. Frekuensi buang air kecil yang meningkat.
  9. Sakit saat berhubungan seksual

 Tips ketika haid tapi negatif

  1. Jadi, segeralah setelahBeristirahat cukup dan tidur yang cukup 7-8 jam sehari
  2. Batasi aktivitas fisik yang berat
  3. Mengonsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga
  4. Makan secara teratur, jangan terlambat makan
  5. Perbanyak minum air putih 8-10 gelas sehari
  6. Mengelola stres dengan bijak

Telat Haid Tapi Negatif, berkonsultasilah dengan dokter. Ini bertujuan  untuk memastikan kesehatan tubuh Anda. Faktor penyebab di atas perlu ditangani sampai tuntas, agar Anda dapat segera mengalami kehamilan yang sehat.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab terjadinya telat haid tapi negatif pada anda. Semoga dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan agar jika anda mengalami hal itu anda tidak terlalu panik dalam menyikapinya. Namun jika kejadian itu berlangsung dalam waktu yang lama anda harus segera berkonsultasi kepada dokter yang ahli dalam bidangnya.

Herbal Untuk Atasi Telat Haid Tapi Negatif
” Program Kehamilan “

Walatra Bersih Wanita
Walatra Bersih Wanita

Walatra Bersih Wanita merupakan herbal yang sudah terpercaya menangani beberapa masalah keluhan seputar kewanitaan. Mulai dari menjaga kerapatan vagina sampai menangani masalah yang ada dalam organ reproduksi. Bagi anda orang yang mengalami telat haid tapi negatif ada baiknya menggunakan produk herbal yang satu ini.

Mengapa saya merekomendasikan produk herbal ini? dikarenakan sangat aman untuk di konsumsi. Terbuat dari 100% bahan alami tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia didalamnya. Komposisi yang di gunakan dalam Walatra Bersih wanita seperti Ekstrak Kunyit, Daun sirih, manjakani, dan kayu manis.

Selain itu, dalam proses pembuatan Walatra Bersih Wanita menggunakan Teknologi Nano. Dalam dunia farmasi teknologi ini dikenal yang terbaik karena bisa mengoptimalkan khasiat yang ada dalam bahan herbal. Nah, hal inilah yang menjadikan Walatra Bersih Wanita sebagai rekomendasi bagi anda-anda yang kesulitan untuk hamil.

Berapa Harga Walatra Bersih Wanita?

Untuk harganya sendiri terjangkau dan cukup murah di bandingkan anda harus melakukan program kehamilan dengan biaya yang cukup besar. Beli sekarang juga, Tidak perlu berpikir panjang!

Rp170.000/Botol
100 kapsul


*Catatan:

*GRATIS ONGKIR UNTUK PEMESANAN 2 BOTOL

Produk walatra Selain Murah juga aman karena sudah lulus tahapan pengawasan BPOM RI dan juga sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI.

Ingin Cepat dapat Momongan? Segera Order dan Konsumsi Sekarang Juga!

Untuk pemesanan anda hanya perlu mengirimkan pesan pada WHATSAPP / SMS dengan format sebagai Berikut:

Bersih Wanita #Jumlah Pesanan #Nama #Alamat Lengkap #No.Telp/Hp

Kirim ke 0812 2278 4949


Contoh :

Bersih Wanita#1 Botol #Ibu Anggun #Jalan Kota Baru #085489086xxx

Kirim ke 0812 2278 4949

*Catatan : format tersebut dikirim pada no 0812 2278 4949 supaya memudahkan dalam memproses pengiriman barang

Catatan :

  • Format diatas Merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengiriman akan mengunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE
  • Promo Hanya Berlaku Hari ini saja *Besok Kembali normal

Baca Juga: Sakit Punggung Sebelah Kanan Tanda Penyakit Apa

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!