fbpx

Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Bagikan Artikel ini:

Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus – Sakit kepala. Apakah anda pernah mengalaminya ? Tentu pernah bukan ? Ya, sakit kepala merupakan salah satu kondisi atau keadaan yang sangat sering terjadi dilingkungan masyarakat, baik itu pada bayi, anak-anak, orang dewasa dan lansia pun sering mengalaminya.

Namun apa jadinya jika sakit kepala tersebut terjadi secara terus-menerus meski pun kita telah mengkonsumsi obat pereda sakit, tentu kita akan merasa terganggu bukan ? Lalu apa yang menjadi penyebab sakit kepala terus menerus ?  Bagaimana cara mengatasinya ? Nah, untuk mengetahuinya, simak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus
Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Macam-macam dan Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Sakit kepala memanglah hal yang biasa dan akan hilang dengan sendirinya atau pun setelah kita mengkonsumsi obat pereda sakit. Hanya saja ada beberapa orang yang sering mengeluhkan adanya sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus atau berkepanjangan meskipun sudah mengkonsumsi obat pereda. Sakit kepala seperti ini sudah pasti akan mengganggu aktivitas penderita.

Meski terlihat seperti penyakit yang kecil, namun bukan bukan berarti kita bisa menggapnya sebagai penyakit yang tidak mengandung unsur berbahaya. Karena bisa jadi itu adalah sebuah pertanda atau gejala yang ditimbulkan saat tubuh terserang virus dan adanya suatu penyakit yang terbilang berbahaya.

Ada beberapa jenis sakit kepala yang terjadi secara terus menerus. Berikut di antaranya :

  • Sakit kepala karena faktor usia

Usia memanglah faktor yang tidak bisa dihentikan atau pun di cegah, seseorang yang telah memasuki usia lanjut atau sekitar 50 tahun keatas, biasanya akan sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Tidak terkecuali adanya sakit kepala secara terus menerus.

  • Sakit Kepala Akibat Peningkatan Intrakranial (di Dalam Rongga Kepala)

Peningkatan volume cairan otak dapat memperbesar tekanan di dalam kepala yang dapat menimbulkan rasa sakit kepala. Sering kali diawali dengan rasa sakit kepala yang konstan terjadi di dalam rongga kepala seperti ada tekanan dari arah dalam keluar. Rasa sakit perlahan meningkat hingga menjadi tak tertahankan sampai timbul gejala pengiring seperti mual, muntah, gangguan penglihatan bahkan kejang.

  • Sakit kepala pascatrauma

Ketika seseorang telah mengalami suatu kecelakaan hebat, khususnya pada bagian kepala biasanya akan memberikan rasa trauma yang cukup hebat juga. Salah satunya rasa sakit kepala akan muncul saat orang tersebut merasa tegang dan mengingat peristiwa tersebut. Selain kecelakaan, seseorang yang kepalanya mengalami benturana atupun pukulan benda pun akan bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala terus-menerus.

  • Tumor otak

Seperti yang sudah dikatakan diatas, bahwa meski terlihat penyakit atau kondisi yang kecil namun nyatanya sakit kepala secara terus menerus pun bisa menjadi salah satu pertanda atau pun gejala dari adanya penyakit yang serius. Salah satunya tumor otak.

Pertumbuhan tumor pada otak akan memberikan tekanan yang besar pada rongga kepala sehingga kepala akan mengalami rasa sakit. Tingkat rasa sakitnya pun bervariasi, mulai dari ringan, menengah sampai tidak tertahankan. Rsa akan bertambah sakit saat tumor tersebut termasuk kedalam jenis tumor ganasyang sangat agresif dan cepat dalam proses pertumbuhannya, sehingga tekanan yang ditimbulkan pun akan semakin hebat pula. Selain itu tumor juga memiliki sifat yang mampu mengganggu fungsi saraf dan otak membuat sakit kepala semakin bertambah.

  • Sakit kepala disebabkan oleh sinus

Seseorang yang sering merasakan sakit kepala juga bisa terjadi akibat adanya peradangan pada saluran sinus. Sinus adalah saluran yang terhubung dengan hidung, dan terletak dibawah tulang pipi. Sakit kepala jenis ini biasanya akan terjadi saat penderitanya sedang mengalami flu atau adanya faktor cuaca yang dingin.

  • Sakit kepala terus menerus yang datang tanpa sebab yang jelas

Pada beberapa kasus, sakit kepala bisa terjadi tanpa sebab yang jelas dan muncul secara tiba-tiba. Tingkat rasa sakitnya pun bervariasi mulai dari ringan, menegah bahkan tidak tertahankan. Sakit jenis ini biasanya akan datang dalam beberapa hari lalu akan hilang dengan sendirinya, namun bukan berarti tidak bisa datang lagi.

  • Sakit Kepala Akibat Peningkatan Intrakranial (di Dalam Rongga Kepala)

Peningkatan volume cairan otak dapat memperbesar tekanan di dalam kepala yang dapat menimbulkan rasa sakit kepala. Sering kali diawali dengan rasa sakit kepala yang konstan terjadi di dalam rongga kepala seperti ada tekanan dari arah dalam keluar. Rasa sakit perlahan meningkat hingga menjadi tak tertahankan sampai timbul gejala pengiring seperti mual, muntah, gangguan penglihatan bahkan kejang.

Selain beberapa jenis diatas, ada beberapa jenis sakit kepala berkepanjangan yang lain, namun yang pasti tidak akan ada penyakit jika tidak ada penyebabnya.

Adakah Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit kepala secara terus menerus, baik disadari atau pun tidak. Berikut beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan adanya sakit kepala yang berkepanjangan. Di antaranya :

  • Kurang istirahat

Penyebab sakit kepala terus menerus yang pertama adalah akibat kurannya istirahat. Setiap orang pasti memiliki daya tahan tubuh dan imun yang berbeda-beda, begitu pun pada mereka yang mengalami sakit kepala. Saat tubuh terus dipaksa bekerja dan tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup, maka sudah pasti tubuh pun akan mengalami gangguan.

Selain itu seseorang yang sering begadang juga bisa memicu adanya sakit kepala yang terus menerus.

  • Terpapar sinar matahari dan cahaya yang terlalu terang

Ketika seseorang berada dibawah sinar matahari dalam waktu cukup lama dan tanpa terhalang oleh benda apapun (seperti bangunan atau topi) maka kepala pun akan mengalami sakit kepala dalam waktu cukup lama. Kondisi akan diperparah saat hal tersebut terjadi setiap hari.

Selain itu dengan menatap cahaya matari pun akan mengakibatkan rasa sakit semakin bertambah. Hal ini karena retina mata salah satu bagian yang memiliki hubungan erat dengan jaringan-jaringan lain yang ada pada kepala yang akhirnya menjadi salah satu penyebab sakit kepala terus menerus.

  • Terlambat makan

Telat makan biasanya terjadi pada mereka yang sering menunda-nunda atau melewatkan jam makan, dan biasa terjadi pada mereka yang memiliki aktifitas atau pekerjaan super sibuk. Padahal, makan adalah hal yang sangat penting bagi tubuh, selain menjadi sumber energi, makan juga bisa menjaga tubuh agar tetap bisa beraktivitas dengan baik dan tentunya menjaga tubuh agar tetap sehat.

Sakit kepala biasnya terjadi saat penderita jarang makan dipagi hari (sarapan). Sarapan adalah saat dimana kita kembali mengisi energi untuk metabolisme dalam menjalankan aktivitas didalam maupun luar tubuh setelah semalaman beristirahat dan mengeluarkan limbah metabolisme. Dimana hal ini mengakibatkan sel-sel tubuh pun akan kekurangan pasokan energi dan oksigen yang menyebabkan munculnya sakit kepala secara terus menerus.

  • Suara bising

Seseorang yang tingggal dilingkungan ramai (bising) juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala terus menerus. Hal ini lantaran suara bising dapat menyebabkan syaraf yang ada di kepala menegang, sehingga mengakibatkan sakit kepala. Sakit kepala pada kasus ini juga bisa terjadi pada mereka yang bekerja pada tempat-tempat dengan suara bising, seperti pabrik/industri dan bengkel.

  • Terlalu lama menatap layar LCD

Penyebab sakit kepala terus menerus yang selanjutnya adalah karena terlalu lama menatap layar LCD. Bagi mereka yang memiliki pekerjaan didepan layar, khususnya layar LCD maka akan rentan terhadap kondisi ini. Ya, cahaya dan radiasi yang diberikan oleh layar terhadap mata mengakibatkan syaraf terasa tegang. Ditambah saat hal tersebut terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama.

  • Konsumsi Obat

Obat memanglah berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, namun bukan berarti tidak bisa menimbulkan rasa sakit. Ada beberapa obat tertentu yang dapat menjadi salah salah satu penyebab sakit kepala terus menerus. Ini bisa jadi tanda komplikasi dari efek obat dengan kondisi tubuh. Sebaiknya hentikan konsumsi obat jika keadaan ini terjadi. Obat-obatan seperti narkoba juga bia jadi penyebab sakit kepala ketika masa sakau datang.

  • Dehidrasi

Sama halnya dengan terlambat makan, saat tubuh mengalami kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami gangguan. Salah satunya penyebab sakit kepala terus menerus. Hal ini lantaran hampir 80% organ tubuh memerlukan cairan, dengan demikian sudah jelas bahwa saat tubuh mengalami kekurangan cairan maka akan banyak gangguan yang akan terjadi.

  • Olahraga secara berlebihan

Olahraga memanglah sangat diperlukan oleh tubuh, namun bukan berarti kita bisa melakukannya secara berlebih. Karena bukan tidak mungkin hal ini akan menjadi salah satu penyebab sakit kepala terus menerus.Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa olahraga memang dibutuhkan oleh tubuh, namun bukan berarti bisa dilakukan secara berlebih.

  • Neuropeptida

Penyebab sakit kepala terus menerus yang berikutnya karena adany neuroprptida. Neuropeptida adalah sejenis protein kecil yang dapat memberikan rangsangan berupa rasa sakit secara terus menerus pada kepala.

  • Kekurangan magnesium

Magnesium merupakan mineral yang memiliki fungsi dalam mengatur sistem syaraf pusat. Saat seseorang kekurangan magnesium dan tidak segera ditangani, maka bukan tidak mungkin akan menjadikannya sebagai penyebab sakit kepala terus menerus. Mengingat pentingnya mineral satu ini sudah sangat jelas sakit kepala akan terus datang jika kebutuhan tubuh akan magnesium tidak terpenuhi.

  • Peradangan saluran sinus (THT)

Peradangan saluran sinus dan THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) bisa jadi penyebab sakit kepala. Sinus yang masih satu saluran dengan hidung jika mengalami peradangan atau infeksi dapat membuat kepala terasa berat berdenyut dalam waktu yang lama sampai infeksi disembuhkan.

  • Kurang refreshing

Penyebab sakit kepala terus menerus yang terakhir adalah diakibatkan oleh kurannya refreshing. Meski terdengar sedikit lucu, namun nyatanya penyebab ini terbukti adanya. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, seseorang yang terus menerus bekerja tanpa henti mengakibatkan syaraf yang ada pada kepala mengalami penegangan.

Sakit kepala akan membaik atau mereda saat penderitanya meluangkan cukup waktu untuk lebih tenang dan rilex, seperti melakukan perjalan ke beberapa daerah yang masih mengutamakan keasrian dan ketenangan. Atau hanya sekedar menghabiskan waktu dengan berduduk santai di tempat yang tenang (jauh dari keramaian).

Cara Mengatasi sakit kepala terus menerus secara alami

Setelah kita mengetahui Penyebab sakit kepala terus menerus, selanjutnya kita akan membahan mengetai cara mentasinya. Selain dengan pengoabatan medis, ada beberapa cara mengatasi sakit kepala secara terus menerus secara alami. Selain mudah didapat, penderita pun tidak perlu tajut atau khawatir akan efek samping yang akan ditimbulkan.
Berikut beberapa cara mengatasi sakit kepala terus menerus secara alami. Di anatarnya :

  • Perbanyak minum air putih

Cara pertama adalah dengan perbanyak minum air putih. Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu penyebab terjadinya sakit kepala secara terus menerus adalah karena dehidrasi.  Setidaknya tubuh memerlukan 2 liter atau 8 gelas air perharinya, untuk bisa berakitivitas.

  • Banyak mengkonsumsi buah semangka

Selain mampu menyegarkan tenggorokan, semangka juga kaya akan vitamin, zat besi, karbohidrat, kalium, fosfat, mineral, protein dan serat. Dimana kandungan-kandungan tersebut mampu mengatasi sakit kepala berkepanjangan. selain itu, semangka juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Istirahat yang cukup

Seperti yang kita ketahui, bahwa salah salah satu penyebab terjadinya sakit kepala secara terus menerus adalah dengan kurangnya istirahat. Itulah yang menjadi alasan mengapa untuk mengobati sakit kepala salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga waktu tidur anda dalam kadar yang cukup.

Jangan sampai beban pekerjaan dan aktivitas menjadi penyebab tidur anda berkurang dan tubuh anda menjadi sulit untuk dikendalikan kesehatannya. Anda pun diharapkan mampu menjaga tubuh anda tetap bugar dengan tidur dalam waktu yang cukup. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah sakit kepala datang menyerang.

  • Menjaga dan menghindari kepala dari sinar matahari secara langsung

Sama halnya dengan diatas, sakit kepala juga bisa terjadi akibat terkenanya kepala dari sinar matahari secara langsung. Oleh karna itu, hindarilah kontak langsung dengan cuaca panas terutama ketika Anda melakukan aktivitas diluar ruangan. Banyak cara agar anda dapat menghindari kontak langsung kepala dengan terik matahari, yaitu dengan menggunakan topi, menggunakan payung, dan berbagai alat lain agar kepala tetap teduh dan sakit kepala dapat dicegah.

  • Mengonsumsi Buah Pisang

Pisang memiliki kandungan magnesium dan potassium yang cukup tinggi. Kedua kandungan pisang ini diketahui memiliki manfaat untuk meredakan sakit kepala yang dialami seseorang. Selain itu, kandungan dalam buah pisang diketahui sangat kaya akan berbagai nutrisi yang menjadi sumber energi. Beberapa jenis kandungan tersebut antara lain adalah karbohidrat, mineral, dan tentunya kalium. Kandungan kalium inilah yang bermanfaat untuk mengobati sakit kepala pada seseorang.

  • Melakukan olahraga santai

Cara alami selanjutnya untuk mengobati sakit kepala terus menerus anda adalah dengan melakukan olahraga santai berupa mengangkat kaki ke atas sambil berbaring. Cara ini diketahui sangat ampuh untuk anda yang sering mengalami banyak masalah otot yang berakibat ke sakit kepala. Kebanyakan sakit kepala juga dapat disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar menuju kepala anda.

Oleh karena itu, anda dapat melancarkan peredaran darah ke kepala dengan mengangkat kaki ke atas sambil berbaring. Mengangkat kaki keatas sambil berbaring diketahui ampuh untuk membantu pengaliran daran menuju kepala. Darah yang lancar ke kepala kemudian akan mengisi bagian-bagian otak dan membuat sakit kepala tidak terjadi.

Selain beberapa hal diatas, akan lebih baik jika, pengoabatan dibarengi dengan pola hidup yang baik. Karena bagaimana pun juga pola hidup merupakan salah satu kunci agar tubuh selalu sehat dan agar tidak mudah terserang dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Mengobati Tumor Di Leher

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!