Penyebab Mimisan Pada Anak, Bahayakah ?

Bagikan Artikel ini:

penyebab mimisan pada anak – Mimisan atau pendarahan pada hidung (nosebleeds) adalah suatu kondisi dimana hidung mengeluarkan darah secara tiba-tiba. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tidak terkecuali pada anak-anak. Lalu mengapa anak sering terjadi mimisan ? Apa penyebabnya ? Bagaimana cara mengatasinya ? Nah, untuk mengetahui itu semua berikut penjelasannya.

Penyebab Mimisan Pada Anak

Mimisan atau dalam dunia medis disebut dengan Epistaksis adalah suatu kondisi dimana keluarnya darah melalui lubang hidung. Hal ini terjadi karena lokasi hidung yang berada ditengah-tengah wajah serta jumlah pembuluh darah yang ditemukan pada hidung. Pada umumnya mimisan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Mimisan dibagian depan (Anterior)
    Mimisan dibagian depan (Anterior) sangat sering terjadi, dimana darah mengalir dari dinding antara dua lubang didalam hidung. Didalam hidung terdapat area rentan yang disebut dengan little’s area, littele’s adalah area yang kaya akan pembuluh darah sensitif yang halus dan rentan terhadap kerusakan.
  2. Mimisan dibagian belakang (Poterior)
    Mimisan dibagian belakang (Poterior), bisa dikatakan sebagai mimisan yang jarang terjadi. Hal ini karena mimisan berasal dari rongga hidung yang terletak didalam hidung antara otak dengan langit – langit mulut. Meskipun jarang terjadi, namun mimisan ini lebih memiliki kondisi yang lebih serius.

Penyebab mimisan pada anak dan cara mengobatinya dengan tanaman herbal

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mimisan pada anak, baik internal maupun ekternal. Berikut diantaranya :

1. Perubahan suhu

Penyebab mimisan pada anak yang pertama adalah adanya perubahan suhu. Saat daya tahan tubuh anak sedang menurun dan dibarengi dengan adanya perubahan suhu, maka bisa memicu terjadinya mimisan pada anak.

Saat perubahan suhu biasanya anak akan mudah terserang flu ataupun filek dan saat itulah anak akan mengosok-gosok hidung. Saat anak menggosok hidung terlalu kencang, maka menicu terjadinya mimisan. Hal ini lantaran anak-anak memiliki pembuluh darah yang relatif lemah pada area hidung.

2. Terbenturnya hidung

Jangankan pada anak-anak, orang dewasa sekalipun saat hidungnya terbentur atau terpukul benda keras dan terkena pada pembuluh darah maka akan menyebabakan mimisan. Apalagi pada anak, anak umumnya masih memiliki pembuluh darah yang relatif lemah. Sehingga saat hidung terbentur sedikit saja akan terjadi mimisan. Dan hal ini pula bisa menjadi salah satu penyebab mimisan pada anak.

3. Kelelahan

Kelelahan sama dengan yang lain, kelelahan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mimisan pada anak. Saat anak terlalu cape atau kelelahan dalam bermain maka pembuluh darah yang lemah akan mudah tegang yang akhirnya pecah dan terjadilah mimisan.

4. Stres

Pada dasarnya stres juga bisa dialami oleh anak. Saat anak merasakan tekanan, maka psikologis anak pun akan terganggu. Stres yang dialami oleh anak memang belum begitu berarti dan tidak serumit orang dewasa, namun meskipun begitu hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab mimisan pada anak. Hal ini karena pembuluh darah pada anak tergolong masih rapuh.

5. Alergi pada hidung

Penyebab mimisan pada anak yang terakhir adalah adanya alergi. Saat anak mengalami alergi pada hidung (rinitis alergi), maka tidak menutup kemungkinan juga akan menyebabkan sang anak mengalami mimisan.

Selain faktor-faktor diatas, ada 2 faktor penting yang bisa menyebabkan terjadinya mimisan pada anak.

  • Faktor organik (faktor gangguan pada anak) adalah kondisi dimana adanya kelainan pada organ bawaan dari lahir. Kelain ini berupa adanya organ yang lemah terutama pada bagian hidung maupun pembuluh darah yang relatif tipis, terlalu besar, atau terlalu rapuh. Hal ini pula yang menyebabkan anak mengalami mimisan, terlebih saat anak terlalu banyak aktivitas dan saat anak mengalami iritasi.
  • Faktor gangguan medis adalah kondisi dimana adanya gangguan kesehatan anak berupa terjadinya pembekuan darah, terutama sel  darah merah yang berfungsi untuk menutup muka. Saat terjadi kegagalan dalam memelihara pembekuan darah inilah yang menyebabkan mimisan pada anak.

Apakah mimisan pada anak berbahaya ?

Mimisan adalah salah satu jenis penyakit yang tidak begitu terlalu berbahaya, namun meskipun demikian tetap saja memerlukan penaganan yang cepat dan serius. Karna jika tidak, ditakutkan mimisan tersebut adalah sebuah gejala akan datangnya suatu penyakit.

Apa yang harus dilakukan saat anak mengalami mimisan ?

Saat anak mengalami mimisan, orang tua bisa melakukan beberapa hal berikut :

  1. Tetap tenang dan jangan panik
  2. Dudukkan anak atau sedikit agak berbaring
  3. Pegang hidung anak dengan menggunakan jari tangan dan sedikit agar dijepit. Dengan tujuan agar pendarahan bisa berhenti
  4. Selagi hidung sang anak dijepit, instruksikan anak agar bernafas melalui mulut
  5. Bersihkan darah dengan menggunakan tissue
  6. Lalu kompres anak dengan menggunakan es batu, dengan tujuan agar darah sedikit membeku dan berhenti keluar

Cara mengobati mimisan pada anak dengan menggunakan tanaman herbal

Banyak cara dalam mengobati mimisan pada anak, baik cara medis atau pun dengan menggunakan tanaman herbal . Menggunakan tanaman herbal sangat dianjurkan pada anak. Orang tua pun tidak perlu khawatir akan efek samping yang akan ditimbulkan, karna sudah pasti dengan menggunakan tanaman herbal tidak akan memiliki efek samping yang membahayakan bagi anak. Berikut diantaranya :

Daun Sirih

Sudah bukan rahasia lagi jika daun sirih mampu mengobati mimisan. Daun sirih mengandung senyawa eugenol, cadinene, kariofilena, minyak esensial dsb. Dimana senyawa  tersebut dipercaya mampu mengobati  mimisan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.
Cara penggunaan :

– Ambil 1-2 lembar daun sirih
– Cuci bersih daun, lalu remas-remas daun sirih hingga mengeluarkan aroma yang khas
– Lipat atau gulung daun dan masukan pada hidung secara perlahan
– Biarkan  sampai darah berhenti dan mengering.

Daun Pegagan

Bagi sebagian orang daun pegagan sudah tidak asing lagi. Daun yang memiliki nama latin centella asiatica ini biasa tumbuh di pekarangan rumah atau ladang. Daun pegagan mengandung asiaticoside, madasiatid,  vellarine, kalsium dsb yang dipercaya mampu mengobati mimisan pada anak.
Cara Penggunaan :

– Siapkan 1 genggam daun pegagan, lalu cuci bersih
– Rebus daun dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih
– Angkat dan saring air rebusan
– Minum air rebusan 2x sehari

Akar Bunga Teratai

Bunga Teratai atau yang memiliki nama latin nelumbium nelumbo druce adalah salah satu tanaman yang berasal dari daratan Asia. Tidak hanya bunganya yang indah saja, akar bunga teratai juga  dipercaya mampu mengobati mimisan pada anak. Hal ini karena akar bunga teratai memiliki senyawa aktif yang mampu menghentikan pendarahan saat mimisan.
Cara penggunaan :

– Siapkan akar bunga teratai, lalu cuci hingga bersih
– Selanjutnya blender akar bunga teratai
– Lalu peras akar bunga teratai
– Teteskan air perasan pada hidung

Rambut jagung

Jika biasanya kita akan membuang rambut yang ada pada jagung, namun siapa sangka jika rambut yang ada pada jagung mampu mengobati mimisan pada anak ? Ya, rambut jagung mengandung senyawa aktif yang mampu menghentikan mimisan pada anak.
Cara penggunaan :

– Siapkan beberapa gulungan rambut jagung
– Lalu rebus dengan menggunakan 1 gelas air, tunggu hingga mendididh
– Angkat dan saring air rebusan
– Minum air rebusan

Akar alang-alang

Alang-alang atau yang memiliki nama latin Imperata cylindrica ini merupakan tanaman yang memiliki khasiat yang belum diketahui oleh banyak orang.  Seperti : mengobati asma, mengobati keputihan dan mampu mengobati mimisan pada anak.
Cara penggunaan :

– Siapkan 200 gram akar alang-alang yang sudah dicuci bersih
– Rebus akar alang-alang dengan 6 gelas air
– Tunggu hingga air mendidih dan menyisakan 2 gelas
– Angkat dan saring air rebusan
– Minum air rebusan dalam keadaan dingin sebanyak 3x sehari.

Mimisan memanglah bukan jenis penyakit yang terlalu berbahaya. Namun yang namanya penyakit tetap saja harus segera ditangani. Jangan sampai kita terlamabat untuk mengobatinya, karena selalu menganggap penyakit tersebut adalah penyakit ringan. Bisa saja apa yang kalian anggap sepele adalah suatu gejala penyakit yang membahayakan nyawa. Kalian juga harus ingat bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Rekomendasi Herbal Untuk Cara Mengobati Mimisan Pada Anak Maupun Orang Dewasa

QnC Jelly Gamat

QnC Jelly Gamat merupakan produk herbal yang sangat baik dalam mengobati mimisan pada anak maupun orang dewasa dan mampu membantu proses penyembuhan secara total. QNC Jelly Gamat dibuat dari 100% ekstrak teripang emas dan tanpa campuran bahan kumia apapun. Oleh karena itu QNC Jelly Gamat sangat di rekomendasikan kepada kalian dan harus diingat QnC Jelly Gamat tidak mengandung efek samping apapun yang membahayakan tubuh. Justu dengan kandungan aktif didalamnya akan memperbaiki sel-sel didalam tubuh manusia.

Khasiat QNC Jelly Gamat

      • Mampu menjaga kesehatan
      • Membantu proses penyembuhan penyakit jantung, stroke
      • Membantu proses penyembuhan kanker
      • Membantu proses penyembuhan penyaki gula atau diabetes
      • Membantu proses penyembuhan mimisan
      • Membantu proses penyembuhan penyakit maag atau lambung
      • Dan khasiat lainnya

Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat

Cara pemesanan QnC Jelly Gamat ini sangat mudah, anda hanya perlu mengirimkan pesan Whatsapp atau SMS dengan format dibawah ini :

QNC #Jumlah Pesanan #Nama #Alamat Lengkap #No.Telp/Hp

Kirim ke 0812 2278 4949


Contoh :

QNC #4 Botol #Sri Hamidah #Jalan Swadaya Timur #085224569xxx

Kirim ke 0812 2278 4949

*Catatan : format tersebut dikirim pada no 0812 2278 4949 supaya memudahkan dalam memproses pengiriman barang

 

Catatan :

  • Format diatas Merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengiriman akan mengunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE
  • Promo Hanya Berlaku Hari ini saja *Besok Kembali normal

 

Sekian penjelasan mengenai penyebab mimisan pada anak berbahaya atau tidak. semoga bermanfaat untuk kalian.

Baca juga : pengobatan cedera lutut tanpa operasi dengan cara alami

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!