Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga dan Cara Mengobatinya

Bagikan Artikel ini:

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga dan Cara Mengobatinya. Pernahkah anda menemukan suatu benjolan di belakang telinga ? Jika ya, apakah benjolan tersebut menimbulkan rasa sakit ? Ya, benjolan di belakang telinga merupakan suatu pertanda adanya gangguan pada telinga atau area sekitarnya. Dimana gangguan tersebut mengakibatkan munculnya benjolan. Ukuran benjolan di belakang telinga bervariasi, mulai dari kecil, menengah sampai besar. Dan bisa menyebabkan rasa sakit ataupun tidak sama sekali.

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga dan Cara Mengobatinya

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga dan Cara Mengobatinya

Benjolan di belakang telinga bisa terjadi akibat beberapa hal, misalnya infeksi virus dan bakteri. Infeksi virus dan bakteri biasa terjadi pada saat penderita mengalami radang tenggorokan atau infeksi mononucleosis (virus Epstein-Barr). Dimana infeksi ini dapat menyebabkan pembengkakan di dalam dan sekitar leher dan wajah, hingga menimbulkan benjolan di belakang telinga.

Selain akibat adanya infeksi virus dan bakteri, ada beberapa faktor lainnya yang dapat menjadi penyebab benjolan di belakang telinga. Berikut di antaranya :

  • Otitis media

Penyebab benjolan di belakang telinga yang pertama adalah akibat otitis media. Otitis media adalah infeksi di telinga bagian tengah. Infeksi ini dapat menyebabkan adanya peradangan dan penumpukan cairan dibelakang gendang telinga.

  • Mastoiditis

Kondisi ini biasanya terjadi saat infeksi telinga yang anda alami tidak segera diobati. Dimana bakteri dari tengah telinga dapat menyebar ke tulang mastoid yang berada di belakang telinga, dan akhirnya menyebabkan mastoiditid. Akibatnya akan timbul benjolan di belakang telinga yang disertai dengan nanah, demam, radang dan keluarnya cairan dari dalam telinga.

  • Abses

Abses bisa terjadi saat tubuh melawan bakteri atau virus penyebab infeksi di sel atau jaringan tubuh. Untuk memerangi virus atau bakteri, maka tubuh akan mengirimkan sel darah putih ke tempat yang terinfeksi, misalnya dibelakang telinga. Pada saat sel darah putih, bakteri dan sel lainnya berperang dan mati, kemudian akan menyebabkan adanya penumpukan dalam bentuk nanah. Inilah penyebab benjolan di belakang telinga.

  • Limfadenopati

Penyebab benjolan di belakang telinga yang lainnya adalah akibat limfadenopati. Limfadenopati adalah pembengkakan kelenjar getah bening yang biasanya disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau bahkan kanker.

  • Jerawat

Adanya jerawat juga bisa menjadi salah satu penyebab benjolan di belakang telinga. Hal ini karena jerawat menyumbat kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Sehingga menimbulkan adanya bakteri yang menyebabkan peradangan sehingga tampak seperti benjolan di belakang telinga.

  • Kista sebasea

Kista sebasea adalah suatu kantung yang terdapat di bawah kulit dan mengandung kulit mati, keratin dan bagian-bagian kulit lainnya. Kista jenis ini tidak termasuk jenis kista berbahaya dan bisa muncul dimana saja, seperti kulit kepala, punggung, wajah, leher, telinga, bahkan kantung kemaluan (skrotum).

  • Peradangan kelenjar getah bening

Selain terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. penyebab benjolan di belakang telinga juga bisa sebabkan oleh terjadinya peradangan kelenjar getah bening itu sendiri. Peradangan ini biasanya terjadi saat tubuh terserang penyakit.

  • Lipoma

Penyebab benjolan di belakang telinga yang selanjutnya adalah akibat lipoma. Lipoma adalah suatu kondisi dimana terdapat lemak berlebih diantara kulit dan lapisan otot. Saat disentuh dengan jari, lipoma dapat bergerah dan berpindah. Kondisi ini umumnya menyerang mereka yang telah memasuki usia lanjut.

Meski sebagian besar kasus, benjolan di belakang telinga tidak berbahaya dan mengancam nyawa. Namun tidak berarti anda bisa membiarkannya begitu saja tanpa pengobatan. Hal ini karena ada beberapa benjolan yang dapat menandakan adanya sebuah masalah kesehatan yang serius.

5 Cara Mengobati Benjolan Di Belakang Telinga Secara Alami

Setelah anda mengetahui apa penyebab benjolan di belakang telinga secara panjang lebar. Nah sekarang kita lanjut membahas mengenai cara mengobati atau menghilangkan benjolan di belakang telinga. Salah satunya dengan cara alami. Berikut 3 cara mengobati benjolan di belakang telinga secara alami. Antara lain :

Kunyit

Cara mengobati benjolan di belakang telinga secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa ini memang sudah tidak diragukan lagi akan kandungan dan khasiatnya bagi kesehatan. Salah satunya dalam mengatasi benjolan di belakang telinga.

Caranya, anda hanya perlu membuat pasta atau adonan dengan campuran 1 sdm kunyit bubuk dan madu murni. Kemudian oleskan pasta kunyit tersebut pada bagian benjolan di belakang telinga. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara yang sama sebanyak 2 kali sehari dan lakukan selama 1 minggu.

Bawang putih

Jika biasanya anda menggunakan bawang putih sebagai bumbu dapur. Namun kali ini anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai salah satu cara mengobati benjolan di belakang telinga secara alami. ada dua cara yang bisa anda lakukan dalam mengobati benjolan di belakang telinga dengan menggunakan bawang putih.

Cara 1. Anda bisa mengkonsumsi 2 siung bawang putih secara langsung. Cara 2. Oleskan minyak atau ekstra dari bawang putih pada area benjolan sembari diberikan sedikit pijatan selama 5 menit. Untuk merawatan ini anda bisa melakukannya sebanyak 3 kali sehari.

Cuka apel

Ada dua cara yang bisa anda lakukan dalam mengobati benjolan di belakang telinga dengan menggunakan cuka apel. Cara 1, campurkan secangkir cuka apel mentah dan secangkir air. Kemudian basahi kain atau handuk dengan air campuran tersebut dan usapkan secara perlahan pada area benjolan. Lakukan selama 5 menit. Jika sudah bilas dengan mengggunakan air hangat dan keringkan. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali sehari.

Cara 2. Masukan 1 sdm cuka apel dan 1 sdt madu murni, aduk hingga rata dan tercampur. Kemudian minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Mengompres dengan air hangat

Cara lainnya yang bisa anda lakukan dalam mengobati benjolan di belakang telinga adalah dengan mengompresnmya dengan air hangat. Kompres benjolan selama 10 menit dan lakukan secara rutin juga teratur sampai benjolan hilang.

Rekomendasi herbal dalam mengobati benjolan di belakang telinga secara alami, cepat dan ampuh

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga dan Cara Mengobatinya

QnC Jelly Gamat merupakan produk herbal yang terbuat dari 100% teripang emas asli dengan kualitas tinggi dan diproses dengan teknologi modern sehingga menghasilkan produk herbal unggulan dan telah terbukti khasiatnya. Salah satunya dalam mengobati benjolan di belakang telinga.

Produk herbal ini juga telah memiliki legalitas resmi dari BPOM RI dengan No POM TR 173301471 dan sertifikat Halal dari MUI. Jadi anda tidak perlu khawatir akan keamanan dari produk herbal QnC Jelly Gamat ini. Selain itu, QnC Jelly Gamat juga aman untuk dikonsumsi anak-anak.

Kandungan QnC Jelly Gamat
  • Protein 86,8%
  • 80% Kolagen
  • Mucopolysacarida
  • Condroitin Sulfat dan Glukosamin
  • Omega 3
  • Air RO
  • Bio Active Element
  • Essen Natural
  • Ekstrak Buah dan Sayur

Dengan kandungan-kandungan diatas, membuktikan bahwa QnC Jelly Gamat tidak mengandung campuran zat kimia apapun. Sehingga tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat

Inginkan benjolan di belakang telinga cepat hilang dan sembuh, tanpa harus operasi. Tenang, atasi dengan QnC Jelly Gamat. Bagi anda yang menginginkan QnC Jelly Gamat, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengirimkan pesan via SMS atau via Whatsapp dengan format pemesanan dibawah ini.

QNC #Jumlah Pesanan #Nama #Alamat Lengkap #No.Telp/Hp

Kirim ke 0812 2278 4949


QNC #2 Botol #Siti Laela #Jalan Tanjungwangi #08185430xxxx

Kirim ke 0812 2278 4949

*Catatan : format tersebut dikirim pada no 0812 2278 4949 supaya memudahkan dalam memproses pengiriman barang

 

Catatan :

  • Format diatas merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengirimanakan menggunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE

Baca juga : Cara mengencangkan organ intim pasca melahirkan dengan buah pinang

 

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!