fbpx

Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak

Bagikan Artikel ini:

Bahayanya Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak

Radang tenggorokan atau dalam istilah medis disebut dengan faringitis ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi didalam tenggorokan yang biasa terjadi, apalagi radang tenggorokan ini sering terjadi pada anak. Bahaya dari Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak bisa menyebabkan anak akan sulit untuk makan, minum, dan berbicara pun akan terasa sakit pada tenggorokan. Hal ini akan terasa mengganggu dalam aktifitas sehari-hari anak anda.

Hal yang harus diperhatikan sebelum terjadinya radang tenggorokan ini alangkah baiknya anda memperhatikan pola makan anak anda. Terutama yang harus di jaga adalah pola makan yang sehat, tidak mengkonsumsi makanan yang akan membuat anak menjadi sakit. Rata-rata di Indonesia sendiri makanan khasnya semua ada kandungan minyak gorengnya.

Namun yang harus anda tahu adalah kebanyakan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak goreng itu sangat tidak baik, apalagi dalam jangka waktu yang sangat lama. Kandungan lemak jenuh omega 6 sangatlah banyak sehingga menyebabkan Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak.

ketika mengalami radang tenggorokan yang disebabkan oleh minyak goreng ini anak akan merasa tidak nyaman pada tenggorokannya dan mengeluhkan perih.

Catatan buat anda yang selalu menggunakan minyak goreng secara terus menerus alangkah baiknya untuk berhenti dan mulailah hidup sehat. Karena dapat membahayakan keluarga anda. Artikel ini akan membahas tentang beberapa gejala dan cara penanganannya dengan baik, semoga bermanfaat.

Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak

Gejala Penyakit Radang Pada Anak

Gejala Penyakit Radang Pada anak yang paling dikhawatirkan karena akan menyiksa diri anak anda.

  • Nyeri pada tenggorokan
  • Rasa Gatal pada awal peradangan pasti terjadi
  • Pedih saat menelan atau saat makan dan minum
  • ketika berbicara serak dan hanya sedikit suara yang keluar
  • Akan ada pembekakan kelenjar didalam leher tepatnya dekat amandel
  • Amandel juga akan membengkak
  • Menggigil
  • akan mengalami demam atau biasa terjadi panas dingin berkepanjangan
  • Batuk yang akan membuat sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Paling parah alan terjadi muntah

Apakah Radang Tenggorokan bisa menjadi komplikasi ke Penyakit lain?

Jawabannya tentu saja bisa,dikarenankan penyakit radang tenggorokan ada yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang bernama streptococcus. Bakteri inilah yang akan menyebabkan komplikasi terjadi. Penyakit Radang tenggorokan pada anak apabila dibiarkan akan menyebabkan komplikasi pada penyakit jantung, tipes, dan penyakit lainnya. Untuk mengobati radang seperti ini diperlukan antibiotik. Dan harus diperkuat dengan makanan-makanan atau buah-buahan yang menyehatkan.

Obat alami Menyembuhkan radang tenggorokan

Air Garam

Penelitian studi beberapa Universitas Kedokteran di dunia telah mengemukakan berkumur dengan menggunakan air hangat yang diberikan garam dengan rutin akan meredakan radang tenggorokan. Membuang semua dahak, memperbaiki iritasi tenggorokan, dan menumpas habis bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan.

  • Cara menggunakannya cukuplah mudah yakni,
  • Menyediakan air hangat yang berisi 300 ml,
  • kemudian campurkan dengan garam dapur 1 sendok teh kecil (jangan terlalu banyak),
  • Aduklah sampai tercampur,
  • Kemudian berkumur seperti menggunakan cairan pembersih gigi dan mulut,
  • biarkan selama 40 detik saja,
  • Lakukanlah secara rutin.

Mungki melakukan hal tersebut akan terasa pedih pada tenggorokan, tetapi cara ini sangatlah ampuh dalam menyembuhkan Penyakit radang tenggorokan pada anak anda.

Minum Air Teh

Selain dari memanfaatkan garam, mengkonsumsi teh juga amatlah cepat dalam mngobati penyakit radang pada anak anda. Mungkin teh akan diterima sekali oleh anak anda dibandingkan dengan air garam. kandungan antioksidan yang tinggi akan membuat reda dan membersihak bakteri yang ada pada tenggorokan.Antioksidan teh yakni polifenol. Zat ini berupa senyawa katekin dan flavanol.Senyawa ini lah yang mampu untuk menagkal radikal bebas dan ampuh dalam pembunuhan bakteri dalam tenggorokan anda.

Cara Menggunakan : Cukup dengan air teh yang disajikan hangat, konsumsi secara rutin.

Madu

Madu telah terbukti mempunyai sifat antibakteri yang sangat penting bagi penyembuhan penyakit radang tenggorokan pada anak anda. Madu adalah pencampuran dari gula dan zat lain yang dihsilkan oleh lebah. Sifat madu yang asli akan memilikis sifat manis keasam-asaman karena gula yang ada pada madu sangatlah tinggi. Bagaimana cara menggunakan madu sebagai penawar radang tenggorokan? cara mudahnya campurkan satu sendok makan madu dengan air hangat. Dengan pencampuran air hangat dan madu ini akan membantu dalam penaganan radang tenggorokan.

Bawang Putih

Yag terakhir adalah bawang putih. Bawang putih sejak lama telah dikenal sebagai anti bakteri dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Maka dari itu orang-orang dijaman dahulu selalu menggunakan  bawang putih sebagi obat peradangan pada tenggorokannya. Tak perlu susah-susah anda hanya perlu mengunyah bawang putih ini dan menelannya.

Pencegahan Radang Tenggorokan Pada Anak
  1. Mencuci tangan dengan bersih
  2. Mulailah menerapkan pola hidup sehat pada anak anda
  3. Membersihkan tangan dengan cairan atau sabun anti bakteri
  4. Jangan memberikan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan
  5. Hindarkan anak anda pada asap rokok

Kesimpulannya adalah jika kita menerapkan pola hidup sehat, dengan makanan yang sehat maka radang tenggorokan pun tidak akan terjadi pada kita. Karena radang tenggorokan muncul diakibatkan virus karena pola hidup sehat yang tidak terjaga

Sekian artikel yang dapat Kang Aladin sampaikan tentang Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak. Apabila terjadi hal demikian anda bisa langsung berkonsultasi secara gratis dengan Kang Aladin. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan semoga adanya konsultasi ini akan mempermudah menyelesaikan berbagai macam keluhan penyakit yang anda derita saat ini.

Jangan lupa baca artikel lainnya dengan judul Cara Menyembuhkan Penyakit Muntaber

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!