fbpx

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak

Bagikan Artikel ini:

Apakah Penyakit Lupus Menular atau Tidak? yuk cari tahu selengkapnya!

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak. Lupus adalah penyakit autoimun, yakni penyakit menyerang sistem kekebalan sampai rusak, lalu berbalik menyerang tubuh sendiri. Normalnya sistem kekebalan akan melindungi tubuh dari sera ngan virus, bakteri, dan benda berbahaya lain.

Pada penderita lupus, sistem kekebalan tubuh ini justru menyerang balik si empunya karena kehilangan kemampuan untuk melihat perbedaan antara zat asing yang berbahaya bagi tubuh dan sel tubuh sendiri.

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak

Pada mulanya gejala ini sangat sulit di diagnosis karena kerap mirip dengan penyakit lainnya . Penyakit lupus sangatlah beragam. Dari mulai penyakit lupus ringan dan adapula penyakit lupus yang bisa mematikan.Penyakit lupus memang pada hakikatnya tidak menular, namun sangatla berbahaya dan akan menyebabkan kematian bagi penderita. Gejala penyakit lupus timbul umumnya dengan adanya ruam kulit, kelelahan, sakit, dan pembengkakan sendi.

Anda harus hati-hati dengan penyakit lupus walaupun dalam keadaan biasa saja namun anda harus waspada karena penyakit ini akan mengancam hidup anda.

Lupus merupakan penyakit inflamasi kronis. inflamasi artinya peradangan, dan lupus merupakan peradangan dengan tingkat yang sangat tinggi.Disebabkan ole sistem jaringan pada kekebalan tubuh yang keliru sehingga berdampak pada penyerangan organ tubuh dan jaringan sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai organ tubuh yaitu:

  • Kulit
  • Sel Darah
  • Sendi
  • Paru-paru
  • Jantung

Namun yang sering terjadi di Indonesia atau di dunia yang nampak adalah lupus yang menyerang pada bagian kulit. Mengapa bagian kulit? karena kulit sama sangat rentan terkena penyakit dikarenakan kekebalan tubuh kulit sangatlah lemah.Namun tidak menutup kemungkinan lupus terjadi pada jantung, sel darah, sendi, paru-paru, dan jantung.
Penularan Penyakit Lupus

Penyakit Lupus sama sekali BUKAN penyakit menular. Jadi berada di dekat pasien lupus, tinggal serumah, atau bersentuhan, TIDAK akan menyebabkan penularan. Jadi jangan khawatir berdekatan dengan penyandang lupus.

Bagaimana kalau kita berhubungan intim dengan penderita lupus? Ini juga belum ada data yang menunjukkan adanya penularan penyakit lupus melalui kelamin. Hal tersebut disebabkan karena penyakit lupus bukanlah penyakit yang disebabkan oleh kuman atau virus melainkan autoimun dan faktor genetika, sehingga penyakit lupus tidak akan menular melalui hubungan kelamin seperti halnya penyakit AIDS atau penyakit kelamin lainnya.

Tapi perlu diingat meskipun penyakit lupus tidak menular, jangan sekali-kali meremehkan penyakit autoimune ini. Sudah banyak penderita yang tidak tertolong karena sampai saat ini belum ada pengobatan secara medis untuk penyakit yang satu ini.
Jenis-Jenis Lupus

Ada tiga macam jenis yang ada pada penyakit ini diantaranya

Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE).

Apakah anda tahu lupus sistemik? Lupus ini salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan peradangan dalam jaringan tubuh ikat dan yang paling membahayakan adalah dapat merusak beberapa organ tubuh anda.Lupus juga akan menyebakan terjadinya fenomena raynaud, yang menyebabkan kejang pada pembuluh darah dan bisa nebyebakan rasa yang teramat sakit, menyebabkan perubahan warna pada jari-jari tangan, jari-jari kaki, telinga dan hidung.Dan yang paling parah adalah menyebabkan perubahan warna hampir sebagian tubuh.

Penyebab dari lupus ini adalah:

  1. Memiliki bintil merah pada bagian tubuh yang sering terkena matahari, seperti wajah (pipi dan hidung)
  2. Fenomena Raynaud membuat jari berubah warna dan menjadi terasa sakit ketika terkena dingin
  3. Pleurisy (radang selaput paru-paru), yang dapat membuat bernapas terasa menyakitkan, disertai sesak napas
  4. Bila ginjal terkena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan gagal ginjal
  5. Kelelahan
  6. Nyeri sendi dan bengkak atau kekakuan, biasanya di tangan, pergelangan tangan dan lutut

Lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE).

Lupus ini berhubungan dengan kulit yang menyebabkan kemerahan pada kulit yang semakin parah apabila terkena lansung sinar matahari. Bercak merah seperti ini akan berbentuk seperti koin pada kulit. Tempat yang paling sering muncul biasanya terjadi pada bagian leher, muka, dahi, telinga, dada, punggung atas dan bahu. Ciri sepeti koin ini akan menimbulkan ciri dibagian tengah akan tampak lebih cerah dibandingkan dengan bagial luarnya.

Lupus seperti ini akan berbentuk bulat dan timbul. Dengan ciri dibagian tengah akan mengalami warna yang terang dibandingkan dengan warna bagian luarnya.Lupus eritematosus diskoid biasanya tidak hanya bulat namun dibagian wajah ini berbentuk seperti kupu-kupu atau dalam istilah medisnya adalah Butterfly Erythema yang akan tampak menutup bagian pipi dan hidung. Penderita seperti ini biasanya sensitif terhadap sinar matahari dan apabia terkena paparan sinar matahari maka akan menambah buruk keadaan penderita lupus ini.

Penyakit Lupus karena Obat-obatan (Drug Induced Lupus Erythematosus/DILE).

Siapa sangka bahwa lupus bisa terjadi ketika kita menggunakan obat-obatan. Mengapa bisa terjadi hal demikian? karena jika seringnnya menggunakan obat yang diluar dosis ditentukan oleh dokter, maka kekebalan tubuh kita akan cenderung menurun dan akan menyebabkan berbalik menyerang tubuh sendiri. Sama seperti halnya lupus yang lain tidak jauh berbeda penyakit ini akan semakin parah jika terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit lupus karena obat-obatan adalah sebagai berikut:

  • Pembengkakan gabungan
  • Nafsu makan berkurang
  • Kehilangan Nafsu makan
  • Nyeri sendi
  • Demam
  • Penglihatan akan kabur
  • Dan akan parah jika terkena sinar matahari

Sulitnya Penyakit Lupus Didiagnosis

Penyakit ini sulit terdeteksi. Banyak pasien yang bolak balik ke dokter karena penyakit tak kunjung sembuh. Bertahun-tahun kemudian baru terdiagnosis ia mengidap lupus. Hal lain yang mempersulit diagnosis lupus adalah gejala yang tidak khas, mirip penyakit lain, tergantung bagian tubuh yang diserang. Anehnya, tidak ada kasus lupus yang serupa. Itu karena bagian tubuh yang diserang berbeda. Kalaupun sama, gejala bisa lain. Tambah lagi, gejala berkembang perlahan. Bisa sementara atau permanen.

Gejala pada sebagian orang dengan lupus (odapus) bisa ringan, dan pada odapus lain sangat berat hingga membahayakan nyawa. Itu sebabnya lupus dikenal juga sebagai penyakit seribu wajah atau si peniru ulung.

Gejala yang sering dijumpai pada odapus adalah sakit pada sendi, sendi bengkak, lelah berkepanjangan, ruam kulit yang tidak kunjung hilang, sensitif pada sinar matahari, jari jadi putih atau biru ketika kedinginan, sariawan tak kunjung sembuh, dan kadar trombosit rendah. Jika perempuan usia produktif menderita sakit tidak kunjung sembuh meski sudah bolak balik ke dokter, patut dicurigai lupus.

Sekian artikel dalam Website Aladin sehat yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan artikel yang membahas penyakit lupus ini dapat membamtu anda dalam pengenalan penyakit yang berbahaya. Bila Anda ingin berkonsultasi dengan dokter Aladin silahkan hubungi lewat obrolan di Facebook Kang Aladin atau bisa kirim via email di kangaladin@yahoo.com

Jangan lupa baca artikel lainnya yang berjudul Kista Dermoid dan Cara Mengatasinya

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!