fbpx

Pengertian Pola Hidup Sehat, Manfaat, Dan Penerapannya

Bagikan Artikel ini:

Menurut badan kesehatan dunia ( WHO ) pengertian pola hidup sehat adalah suatu keadaan dimana fisik, mental,dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil. Tak hanya ketiadaan penyakit yang ada pada diri manusia saja.

Pola Hidup Sehat, Manfaat, Dan Penerapannya, dapat diartikan dalam pengertian pola hidup sehat yang berarti Pola hidup yang lebih fokus terhadap hal-hal yang menyangkut kesehatan, seperi makanan yang sehat, dan prilaku yang sehat contohnya di implementasikan dalam mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur di pagi hari kemudia olahraga secara teratur.

Dari pengertian pola hidup diatas bisa disimpulkan bahwa pola hidup sehat sangat penting anda perhatikan. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa manusia hidup tak selalu sehat. Karena perannya yang selalu aktif dalam menyokong kehidupan manusia pasti ada masanya dimana daya tahan tubuh melemah. Sehingga akan menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan penyakit tertentu.

Pengertian Pola Hidup Sehat, Manfaat, Dan Penerapannya

Bukan hanya kesehatan tubuh yang perlu perhatian tapi kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Kesehatan tubuh mengacu pada fisik sedangkan kesehatan mental mengacu pada manajemen emosi serta perasaan. Dalam sebuah pepatah kuno mengatakan Men Sana In Corpore Sano yang artinya didalamĀ  Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat.

Kesehatan tubuh serta kesehatan mental merupakan dua kombinasi penopang dalam kehidupan manusia yang sangat mutlak. Jika diantara salah satunya mengalami masalah tentu membuat kehidupan manusia jadi tidak stabil.

Kesehatan mental adalah sejahteranya manusia yang terlihat dari hubungan dengan dirinya sendiri dan orang alain sehingga ia akan menjalani aktifitas sehari-hari dengan semangat. Pengertian pola hidup sehat mencakup seseorang yang percaya diri, dapat mengontorol tingkat emosinya, karena biasanya mental yang menjadi tujuan jika kita tidak bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Pengertian Pola Hidup Sehat, Manfaat, Dan Penerapannya
Pengertian Pola Hidup Sehat, Manfaat, Dan Penerapannya

Manfaat Pola Hidup Sehat

Setelah tahu pengertian pola hidup sehat lalu apa manfaat penerapan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari ? Manfaat menerapkan pola hidup sehat begitu banyak sekali terutama untuk kesehatan jasmani serta rohani anda. Manfaat Pola Hidup Sehat Diantaranya :

1.Membuat tidur Jadi lebih berkualitas

Tidur yang berkualitas adalah manfaat nyata dari penerapan pola hidup sehat. Dengan tidur yang berkualitas membuat tubuh bangun lebih segar, sehat serta bertenaga sebagai modal menjalani aktifitas sehari-hari. Dengan Pola hidup sehat tidur yang teratur dan akan membuat istirahat anda menjadi lebih berkualiatas, maksudnya ketika anda bangun dan tidur tetap dalam kondisi nyaman.

2.Pikiran lebih positif

Terkadang pikiran menjadi tidak mood dalam menjalani kehiduan ini, namun dengan menerapkan pola hidup sehat akan berdampak menjadi sangat baik bagi pikiran. Dengan menerapkan pola hidup sehat akan mendorong pikiran kita agar selalu berfikir positif sehingga bisa meningkatkan mood dan produktifitas kerja sehari-hari.

Pernahkah anda merasakan ketika mood sedang droop pasti sering membuat pekerjaan yang kita lakukan menjadi kacau, mudah marah serta bawaannya baper dalam setiap keadaan. Itulah mengapa pola hidup sehat perlu sekali untuk anda terapkan.

3.Tubuh dan pikiran lebih semangat dalam bekerja

Ketika Anda kurang dalam penerapan pola hidup sehat, dalam bekerja pun Anda malas kan? Penerapan dalam pola hidup sehat yang baik juga akan secara signifikan dapat menaikkan etos kerja yang baik. Dan hal ini dipengaruhi suksesnya penerapan pola hidup sehat yang anda jalani. Sehingga memberi dampak yang sangat positif pada produktifitas kerja anda sehari-hari. Sebaiknya pola hidup sehat ini Anda jaga untuk meningkatkan etos kera yang sagat tinggi.

4.Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Pengertian Pola Hidup Sehat yang penting adalah mencegah penyakit yang daoat mengganggu tubuh kita. Hidup sehat harus diperhatikan dengan memperhatikan pola makan, lingkungan yang bersih sehingga kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyrang kesehatan kita.Jika menjaga pola hidup sehat maka kesehatan pun akan terjamin.

5.Penampilan Lebih Segar Dan Menarik

Menjalani pola hidup sehat akan membantu untuk memiliki penampilan yang akan membuat lebih segar. Dengan pola makan yang terjaga dengan baik, kemudian menjaga lingkungan dengan bersih, sering berolahraga akan menjaga penampilan alami dan menarik. Jika hal tersebut dilakukan maka tampilan yang diberikan tidak akan terlihat lesu dan juga lemas. Selain itu dengan rutin berolahraga juga akan membuat tubuh menjadi ideal dan tetap terjaga kesehatannya

Penerapan pola hidup sehat

Penerapan pola hidup sehat jika dilakukan dalam kehidupan sehari-hari maka akan berdampak sangat baik bagi kesehatan. Pola hidup sehat adalah komitmen jangka panjang yang terbentuk dari aktifitas sehari-hari anda yang berulang-ulang dserta telah jadi kebiasaan.Oleh karena itu anda harus memiliki rencana yang tepat dalam menentukan pola hidup sehat anda dimasa depan.

Ketahuilah status kesehatan anda

Hal yang paling penting dalam menerapkan pola hidup sehat adalah anda mengetahui status kesehatan anda. Karena dengan mengetahui status kesehatan bisa membuat kita memiliki pedoman tentang langkah apa saja yang harus di lakukan jika ternyata di dalam tubuh kita ada suatu masalah kesehatan tertentu. Mengetahui status kesehatan anda dengan mengecheck pada dokter setiap seminggu sekali akan lebih efektif dalam mengetahui kesehatan tubuh anda.

Melakukan aktifitas fisik secara teratur

Untuk dapat menerapkan pola hidup sehat aktifitas fisik memang mutlak sekali anda lakukan. Ini karena selain dapat meyehatkan tubuh aktifitas fisik juga bisa membantu otak dan pikiran menjadi lebih rileks di dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Aktifitas fisik mencakup banyak hal bukan hanya berolahraga namun juga melibatkan segala kegiatan yang melibatkan fisik anda jadi secara aktif dapat memacu kerja fisik dengan intensitas ringan ataupun berat.

Konsumsi makanan sehat

Ini bukanlah sebuah pilihan, untuk menerapkan pola hidup sehat memang disarankan sekali untuk anda untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dengan eratur. serta memperdulikan kebutuhan asupan nutrisi pada harian anda. Contohnya adalah :

Makanan pokok

Makanan yang mengaandung zat karbohidat au tepung yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan energi dalam tubuh anda.Yang termasuk kategori makanan pokok adalah nasi, roti gandum, singkong,Jagung dan juga sagu.

Lauk Pauk

Makanan yang mengandung protein yang baik sekali untuk memangun jaringan tbuh ynag baru dan akan mengganti yang rusak untuk menjaga keseimbangan adsam basa.Makanan yang mengandung protein yang baik sekali untuk memangun jaringan tbuh ynag baru dan akan mengganti yang rusak untuk menjaga keseimbangan adsam basa. Juga makanan yang berlemak yang berguna untuk membangun bagian-bagian sel tertentu, melarutkan berbagai vitamin serta untuk pelindung suhu tubuh dari suhu rendah. Maka itu anda harus mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung protein dengan kadar secukupnya agar Anda menjadi lebih sehat dan teratur dalam mengkonsumsi makanan.

Sayur dan Buah

Makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Makanan sehat yang masuk kategori sayur ini contohnya adalah bayam, sawi, buncis, kangkung, seledri, brokoli, kol, jamur, wortel, timun, daun papaya, daun bawang, terong, kacang panjang, lembayung dan sebagainya. Sedang untuk kategori buah contohnya adalah Pisang, Nanas, Mangga, Melon, Jeruk, Anggur, Apel, Alpukat, Jambu biji, Stroberi, Bluberry dan sebagainya.

Untuk itu jagalah kesehatan Anda dengan cara pola hidup sehat yang tejaga. Dengan pola hidup sehat yang terjaga maka hidup akan sehat jasmani maupun rohani, dan tidak akan cepat marah. Sekian artikel yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Pola Hidup Sehat semoga dengan adanya artikel ini menjadi tuntunan buat Anda yang ingin merubah pola hidup Anda. Sekian dan terimakasih

Jangan lupa baca artikel sebelumnya tentang : 5 Jenis Penyakit Pada Sistem Reproduksi

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!