fbpx

Menstruasi Setelah Melahirkan Kapan Terjadinya

Bagikan Artikel ini:

Kapan Menstruasi Setelah Melahirkan? yuk cari tahu

Menstruasi Setelah Melahirkan Kapan Terjadinya? Bagi kebanyakan Ibu yang baru usai melahirkan pasti bertanya-tanya kenapa belum mendapatkan menstruasi setelah usai nifas atau beberapa bulan setelah melahirkan. Begitu pula saya. Setelah melahirkan putra ke 2, sudah 24 bulan pasca melahirkan belum juga mendapatkan menstruasi. Sedangkan pada kelahiran putra pertama saya, 6 bulan setelah melahirkan saya sudah mendapatkan menstruasi. Mungkin sedikit pengalaman saya akan membantu anda untuk mengetahui kapan Menstruasi Setelah Melahirkan terjadi.

Pada kenyataannya, menstruasi setelah melahirkan pada setiap wanita berbeda-beda, bahkan dari kelahiran pertama dan berikutnya-pun juga bisa berbeda. Hal apa saja yang mempengaruhi, berikut ini rangkuman yang telah bisa disimpulkan oleh penulis dari beberapa sumber yang relevan.

Hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh WHO, durasi rentang waktu menstruasi setelah melahirkan umumnya bervariasi antara 4 sampai 10 bulan, namun ada juga yang mencapai 15 – 18 bulan setelah melahirkan.

Menstruasi setelah melahirkan kapan terjadinya

Jadi untuk anda yang telah melahirkan dan belum menstruasi tetap tenang dan jangan panik. apabila panik maka air susu anda tidak akan keluar dan kasihan pada bayi tersebut.

Menstruasi Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan maka setiap wanita akan mengalami masa nifas, dimana terjadi keluarnya cairan dari vagina yang berisi campuran antara darah, lapisan dinding rahim dan bakteri. Perdarahan yang terjadi setelah melahirkan dapat timbul selama 2 minggu hingga 6 minggu setelah melahirkan. Waktu terjadinya kembali menstruasi setelah melahirkan tidak dapat ditentukan secara pasti. Namun ada faktor yang berpengaruh besar terhadap siklus menstruasi setelah melahirkan, yaitu menyusui.

Selama seorang wanita yang memberi ASI kepada anaknya secara penuh tanpa dibantu dengan memberi susu formula. maka menstruasi akan memakan waktu lebih lama untuk muncul kembali. Sangat mungkin Anda baru akan mengalami menstruasi saat berhenti menyusui ASI secara total. Jika Anda mengkombinasikan ASI dengan susu formula. Yang berarti konsumsi bayi terhadap ASI sedikit lebih berkurang. Maka menstruasi akan mulai muncul secara perlahan, diawali dengan adanya bercak-bercak darah.

Apabila Anda berhenti secara total memberi ASI kepada bayi Anda, dan hanya mengandalkan susu formula secara total. Maka Anda dapat mengalami siklus menstruasi yang normal kembali dalam jangka waktu mulai 5 minggu hingga 3 bulan setelah melahirkan.

Tidak ada jaminan bahwa menyusui akan menyetop ovulasi. Informasi ini hanya untuk menggambarkan pola umum periode postpartum, tetapi efek menyusui pada menstruasi bervariasi. Beberapa wanita yang menyusui secara eksklusif bisa saja mendapatkan haid sebulan setelah melahirkan. Sementara yang lain walaupun jarang menyusui bisa mendapatkan haid setelah beberapa bulan (malah lebih lama).

Periode Menstruasi Setelah Melahirkan

Beberapa pendapat mengemukakan tentang periode masa haid setelah melahirkan, dengan menyebutkan bahwa pada saat ibu sedang menyusui secara eklusif maka haid tidak akan terjadi sampai waktu yang biasanya sangat lama yakni berkisar 6 hingga 8 bulan, bahkan ada yang mengalami tidak menstruasi setelah melahirkan selama 18-24 lamanya. Dalam hal tidak menstruasi disebabkan oleh ibu menyusui yang sangat ekslusif.

Meskipun begitu untuk para ibu tetaplah memberikan Air Susu Ibu secara ekslusif dikarenakan sangat baik buat bayi anda dibandingkan dengan diberi susu non ekslusif. Namun anda harus membatasi pemberian susu tersebut maksimal berkisar jarak 6 sampai 8 bulan.Tenang saja siklus menstruasi akan kembali normal seperti biasa setelah masa pemberian ASI ekslusif telah selesai.

Alasan Ibu yang menyusui mengalami menstruasi yang lebih lama

Ketika ibu dalam keadaan menyusui tersebut maka akan mempengaruhi kelenjar yang bernama hipofisis untuk mengeluarkan hormon yang disebut dengan prolaktin.Hormon Prolaktin sangat berperan dalam merangsang produksi ASI.Hormon ini dibutuhkan saat ibu menyusui ekslusif dan berdampak pada hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi mengatur siklus haid, serta dapat memberhentikan masa ovulasi pada wanita. Maka dari itu yang menjadi penyebab telatnya menstruasi saat melahirkan adalah adanya peningkatan hormon prolaktin yang berperan sangat aktif sehingga mengalahkan hormon yang mengendalikan siklus menstruasi

Sekian artikel Aladin sehat yang membahas tentang Menstruasi Setelah Melahirkan Kapan Terjadinya, semoga beranfaat bagi anda para pembaca artikel. Apabila ada yang ingin ditanyakan ataupun ingin berkonsultasi silahkan dengan cara mengirimkan pesan ke facebook Kang Aladin atau bisa juga via email kangaladin@yahoo.com.

Jangan lupa baca artikel lainnya yang berjudul Kista Coklat Ovarium Pengertian dan Bahayanya

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!