fbpx

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Dan Bahayanya

Bagikan Artikel ini:

Kopi Hitam tentunya sudah tidak asing lagi. Di Indonesia sendiri kopi hitam sudah melekat pada diri seorang musisi reggae yang bernama Mbah Surip. Seniman yang menciptakan lagu “Kopi Jos” ini selalu minum kopi hitam dalam setiap manggung. Ternyata eh ternyata di balik itu semua terdapat Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan. Benarkah?

manfaat kopi hitam untuk kesehatan

Benarkah Ada Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan?

Kopi hitam adalah hasil olahan dari tanaman kopi yang di ambil bijinya. Pada dasarnya biji tersebut berwarna putih dan tidak cenderung gelap. Yang membedakan adalah setelah di olah. Ada yang di sebut dengan kopi espresso, kopi luwak, arabika, robusta, aceh gayo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam sebuah pembuatan kopi hitam, biji kopi yang sudah matang di panggang sampai dengan menghitam. Setelah proses ini selesai masuklah pada proses pembuatan kopi menjadi serbuk. Proses inilah yang nantinya akan menjadi kopi hitamyang anda seduh.

Paparan diatas hanya sebatas pengetahuan saja bagi anda semua. Yang ingin saya bahas di sini adalah Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan. Mari kita buktikan benarkah sangat bermanfaat…

Sangat Banyak Orang beranggapan bahwa Kopi tidaklah baik untuk kesehatan, namun anggapan tersebut salah besar pengonsumsian maksimal dua kali dalam sehari ternya bisa bermanfaat bagi tubuh manusia, terutama para lelaki.

Tubuh Sangat Perlu Asupan Kafein

Kafein adalah suatu zat yang memang perlu di butuhkan tubuh sebagai rangsangan agar sistem motorik tubuh manusia menjadi lebih optimal. Kafein ini bisa anda temukan yang paling banyak tentunya dalam kopi. Tidak ada lagi jenis kafein yang mampu menyandingi kopi sekalipun itu teh dengan kualitas terbaik. Tidak perlu panjang lebar mari kita bahas satu persatu mengenai Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan, simak poin-poinnya dibawah ini.

  • Anti Kanker

Sangat menakjubkan sekali bahwa hanya dengan segelas kopi yang tentunya mempunyai kenikmatan yang khas, ternyata bisa menjadi tameng tubuh kita untuk kebal terhadap sel kanker. Anggapan seperti ini di perkuat setelah di lakukannnya riset terhadap seratus orang dan hasilnya sangat memuaskan bahwa, jika setiap hari kita  rutin mengonsumsi kopi dapat mengurangi resiko terserangnya sel kanker sebanyak 15 persen. Tidak percaya ? pernyataan ini di kemukakan oleh The World Health Organization lho… So organisasi ini adalah badan cakupan kesehatan di dunia yang sudah terpercaya dalam beberapa risetnya.

  • Pikiran Menjadi Fokus

Perlu anda ketahui bagi laki-laki pasti saja di satu waktu mereka tidak bisa berpikir, hal tersebut wajar karena sistem motorik pada otak laki-laki bisa saja tidak bisa berfungsi optimal. Nah ketika itu seorang laki-laki memerlukan suatu zat yang bernama kafein yang bisa membuat sitem motorik mereka berfungsi optimal. 

Salah satu peneliti dari John Hopskins University membenarkan dan menyebutkan bahwa kopi yang mengandung kafein tinggi dapat mencipatkan daya ingat dalam jangka waktu yang panjang.

  • Menjauhkan Anda dari Stress

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan selanjutnya sebagai anti stress. Kandungan didalam kopi mampu menenangkan dari berbagai masalah di benak anda.  Harvard’s School of Public Health mengemukakan bahwa dengan meminum kopi minimal empat cangkir sehari bisa membuat hati dan pikiran tenang. Kopi hitam ini sangat cocok sekali bagi anda yang bekerja keras di kantoran.

  • Meningkatkan Stamina Jos Pria

Stamina jos pria tentunya anda mengerti bahwa hal ini adalah kekuatan para pria diatas ranjang. Kemampuan pria hanya terbatas dan perlu penunjang baik obat kuat ataupun yang lainnya. Nah ketika anda merasa tidak cocok dengan obat kuat alangkah baiknya gunakan kopi hitam dan minum satu cangkir saja. Tapi ingat pengonsumsian dengan kadar melebihi batas normal bisa menyebabkan sebaliknya bukan kekuatan tapi kelemahan.

  • Memperbaiki Sistem Metabolisme

Terkadang anda susah BAB bukan? hal tersebut dikarenakan kurangnya minum dan kurang berolahraga. Namun semua itu bisa diatasi dengan anda terus mengonsumsi kopi hitam. Pengonsumsian ini bisa menyebabkan sistem metabolisme menjadi lancar, dan anda pun BAB tidak susah payah mengeluarkannya.

Dengan adanya Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan tentunya anda berpikir ulang kan tidak meminumnya? maka dari itu minumlah kopi hitam agar sehat.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan

Dampak Buruk Minum Kopi Yang tidak Teratur

Namun di balik Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan, anda juga harus hati-hati, biasanya dampak buruk akan terjadi dan menimpa seseorang yang keterlaluan mengonsumsinya.

  • Insomnia

Insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari bisa saja terjadi pada diri anda. Hal ini di karenakan pengonsumsian kopi yang terlalu. Zat kafein akan tetap sistem motorik otak memaksakan untuk beroperasi terus, kejadian seperti ini yang membuat anda ksulitan tidur. Cara yang harus anda lakukan ketika mengalami insomnia karena kopi adalah perbanyak minum air.

  • Detak Jantung akan lebih cepat

Zat kafein juga dapat mempengaruhi jantung anda. Coba rasakan saja setelah anda meminum kopi hitam hal yang akan anda rasakan pertama kali adalah detak jantung yang sangat cepat. Bagi para penderita gangguan jantung, jangan sekali-kali anda mencobanya.

  • Merusak Sel Mulut

Bagi anda semua yang sering minum kopi hitam dalam keadaan panas sekali ada baiknya hentikan, karena dapat merusak sel mulut yang tepatnya pada keronkongan. Jika Sel mulut terganggu maka yang besar kemungkinan anda terserang kanker mulut.

  • Naiknya Asam Lambung

Zat asam yang ada dalam lambung dapat naik seketika sesudah anda meminum kopi hitam. Asam lambung tersebut akan merusak dinding lambung dan menyebabkan peradangan. Selanjutnya anda akan merasakan rasa sakit pada area lambung, dada, sampai kerongkongan yang terasa panas.

Kesimpulan

Dari paparan diatas baik Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan ataupun dampak buruknya, semua itu kembali pada diri anda masing-masing. Namun yang saya harap anda tetap berpikir positif dan hindarkan pikiran kecemasan penyakit. Karena penyakit datang dari pikiran kita sendiri.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Albuminuria

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!