fbpx

Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Bagikan Artikel ini:

Apakah anda Tahu Manfaat Dari buah markisa? Penasaran? yuk simak berikut ini….

Aladin Sehat – Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan – Buah Markisa adalah buah yang dikenal dengan banyak bijinya dan rasanya yang begitu khas, sangat di gemari bagi masyarakat. Di Indonesia sendiri ada 2  jenis markisa yang dibudidayakan. Apa saja jenisnya?

1. Markisa  Kuning

passiflora flavicarpa nama latin dari markisa kuning ini. Markisa jenis ini biasanya berbentuk lebih besar dari markisa jenis lainnya. Selain itu markisa kuning juga memiliki rasa yang khas. Varian markisa jenis seperi ini merupakan hasil dari mutasi markisa ungu. Anda bisa menjumpai markisa kuning ini di dataran rendah atau kawasan dengan iklim hangat. Rasa yang kecut asam ini tidak mempengaruhi kelezatan dari markisa kuning ini. Berdasarkan penjelasan tersebut, perbedaan mencolok antara markisa kuning dan ungu selain warna dan ukuran – meski tidak berbeda jauh, adalah soal rasanya.

2. Markisa Ungu

Passiflora edulis var. edulis nama latin dari buah markisa ungu ini. Berbeda halnya dengan markisa kuning yang cenderung berbentuk bulat, markisa ini terkesan dengna bentk bulat lonjong. Buah yang sewaktu muda berwarna hijau dan jika sudah matang berwarna coklat ini mempunyai cita rasa asam segar dan beraroma harum. Buah yang dihasilkan dari tanaman yang ditanam di ketinggian 100 meter diatas permukaaan laut bisa anda gunakan sebagai sirup ataupun olahan markisa lainnya, tentunya dengan harga tinggi sebab mengandung Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan.

Manfaat buah markisa bagi kesehatan

Manfat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Dalam penelitian yang dilakukan di Invitro University Of Florida, buah ini mengandung zat yang mampu membunuh sel kanker yaitu zat fitokimia. Kandungan zat fitokimia ini dalam buah markisa ini diantaranya polifenol, karotenoid, harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sementara kandungan gizi didalam buah markisa kuning yaitu diantaranya seperti energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat serta asam sitrat.

Terdapat kandungan yang sangat banyak didalam buah markisa ini menjadikan buah markisa sangat baik untuk kesehatan, diantara Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan sebagai berikut:

  1.  Bermanfaat Bagi Saluran Pencernaan
  2. Mencegah dan Membunuh Sel Kanker
  3. Insomnia akan teratasi
  4. Baik untuk penyembuhan penyakit asma
  5. Sebagai Sumber nutrisi yang sangat baik
  6. Dapat mengontrol Tekanan darah tinggi
  7. Mengoptomalkan sistem imun dalam tubuh anda
  8. Baik untuk kesehatan Kulit

Rekomendasi Olahan Markisa

Dengan menjadikan olahan markisa ini lebih menarik, tentunya akan membentuk gairah dalam mengonsumsi buah yang satu ini. Cara Pemanfaatan markisa diantaranya adalah;

  1. 6 buah markisa matang, belah dan ambil isinya
  2. 550 ml air putih bersih, atau coco
  3. 200 ml sirup markisa
  4. 150 ml cairan gula pasir
  5. 200 gram sari kelapa
  6. es batu, hancurkan
Cara Membuat Es Markisa Manis Asam Segar
  • Siapkan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan seperti cairan gula pasir dalam satu wadah
  • Tambahkan sirup markisa dan buah markisa kedalam campuran gula tadi
  • Kemudian masukan juga sari kelapa yang sudah dibersihkan terlebihdulu kedalam wadah yang telah disiapkan
  • Lalu masukan es batu yang telah dihancurkan tadi kedalam semua campuran minuman, kemudian adauk hingga tercampur semua
  • Es markisa segar siap untuk disajikan.

Itulah Artikel Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan dengan cara pengolahannya telah saya sampaikan, untuk info lebih lanjut bisa anda langsung berkonsultasi dengan saya. Baca artikel Lainnya: Manfaat Biji Buah Mangga

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!