fbpx

Ciri dan Penyebab Keputihan Putih Susu Tanda Hamil

Bagikan Artikel ini:

Apakah Keputihan Susu Tanda Hamil? Yuk cari Tahu selengkapnya!

Apakah Meputihan Susu Tanda Hamil? Banyak wanita seringkali mengeluhkan tentang keluarnya cairan putih selama awal kehamilan. Beberapa wanita menganggapnya sebagai gejala awal kehamilan. Pada dasarnya, keputihan putih susu tanda hamil memang benar. Cairan vagina secara normal berisi cairan dan juga sel yang fungsinya untuk melindungi dan membersihkan vagina. Warna dan juga konsistensi cairan vagina begitu bervariasi mulai dari bening hingga putih susu.

Namun ada yang berbahaya bila keluar cairan putih itu dengan bau yang menyengat bisa jadi itu bukan pertanda hamil Anda,namun bisa jadi terindikasi Anda terserang penyakit. Jangan terlalu cepat berangapan bahwa cairan keputihan putih susu tanda hamil, bisa jadi apabila cairan itu keluar dengan bau menyengat dan itu semua menjadi pertanda bahwa anda terserang penyakit seperti tumor, kanker serviks, kanker rahim dan sebagainya.

Ciri dan Penyebab Keputihan Putih Susu Tanda Hamil

Beberapa kondisi cairan vagina yang perlu anda waspadai yaitu cairan vagina berbau. Selain itu, terjadi perubahan warna cairan menjadi warna kuning atau hijau. Cairan vagina yang keluar terbilang lebih banyak dari biasanya. Terakhir, ada keluhan lain, misal nyeri perut. Mengamati cairan putih di awal kehamilan memang menimbulkan banyak pertanyaan dipikiran ibu hamil. Jika anda bertanya-tanya apakah itu normal, langsung simak ulasan keputihan putih susu tanda hamil yang normal berikut ini.

Ciri Keputihan Putih Susu Tanda Hamil

Jika keluar cairan putih selama awal kehamilan ini. Cairan vagina ini harus bening dan lembut atau seperti susu yang berwarna putih. Pelepasan lendir selama ovulasi ini mungkin sekental putihnya telur. Cairan ini memiliki tekstur sedikit kental. Akan tetapi, jika anda mengeluarkan cairan tidak kental, berair, dan bening selama kehamilan dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal itu mungkin merupakan tanda dari cairan ketuban yang bocor. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda. Kemudian menghapusnya dari keraguan ini.

Sebuah cairan yang berbau bersama gatal dan juga sensasi panas di dekat vagina serta vulva meradang. Mungkin hal tersebut merupakan tanda infeksi ragi. Setiap keluarnya lendir kuning, hijau, atau abu-abu dengan atau tanpa berbau busuk atau mengeluarkan bau dan tekstur berbusa. Mungkin hal tersebut merupakan tanda infeksi vagina atau suatu penyakit menular seksual. Anda harus segera berbicara dengan dokter anda. Dengan begitu, anda akan segera mendapatkan penanganan atas masalah ini.

Jangan anggap bahwa cairan yang berbau menyengat itu tidak berbahaya dan anda biarkan begitu saja, penyakit yang anda biarkan akan menjadi ancaman buat anda apalgi penyakit kanker. Banyak sekali orang yang awalnya mengabaikan cairan keputihan ini dan berakibat fatal buat dirinya sendiri.

Ciri-ciri keputihan putih susu tanda hamil berbeda dengan ciri tanda terserang penyakit karena keputihan putih susu tanda hamil tidak menyebabkan bau, gatal dan keanehan yang lainnya.

Inilah beberapa pertanda bahwa Anda benar-benar mengalami keputihan pertanda hamil:

  • Keputihan tanda hamil mempunyai warna berbeda dengan keputihan biasa dan keputihan tanda penyakit, keputihan biasa biasanya berwarna bening dan  keputihan tanda penyakit biasanya berwarna dan berbau. Sedangkan keputihan pertanda hamil memiliki warna seperti susu. Tidak hanya itu keputihan saat masa kehamilan pun bisa keluar berwarna kuning, dan itu pertanda bahwa Anada sedang mengalami kehamilan yang bermasalah.
  • keputihan putih susu tanda hamil juga tidak memiliki jangka waktu, maksudnya selama masa kehamilan maka tidak akan berhenti keputihan tersebut. Namun Anda jangan terlalu cemas hal ini biasa terjadi pada orang yang sedang hamil, yang harus Anda waspada adalah ketika cairan seperti susu itu berubah menjadi cairan kekuningan yang disertai dengan bau.
  • keputihan putih susu tanda hamil biasanya dibarengi dengan pertanda seperti mual, keluarnya bercak, mudah lelah dan biasanya terjadi yang namanya ngidam.

Tips agar mengurangi terjadi keputihan berlebih:

  1. Jangan sering berendam dalam air hangat

Mungkin dalam benak Anda ketika berendam dalam air hangat itu sanga asik, namun dampak dari terlalu sering berendam dalam air hangat adalah keputihan yang terus terjadi.

     2.Jaga kebersihan organ intim anda

Menjaga organ intim Anda sangatlah penting karena dengan menjaga organ intim penyakit pun akan sangat susah untuk menyerang Anda.

Penyebab Keputihan Saat Hamil

Berbau atau sedikit mengeluarkan bau, cairan putih kental dalam kehamilan disebut dengan keputihan. Ini normal dan dianggap sebagai tanda awal kehamilan. Keluarnya cairan seperti susu ini disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh dan juga aliran darah ke vagina. Banyak wanita mengamati bahwa ia mengalami peningkatan cairan vagina ketika hamil. Pembuangan cairan kental di awal kehamilan sangatlah umum.

Keluarnya lendir terdiri dari sel-sel tua dari leher rahim dan juga vagina bersama dengan bakteri vagina. Hal tersebut membantu dalam pencegahan infeksi apapun yang bisa jadi melakukan perjalanan dari vagina ke rahim. Selama hari-hari terakhir di masa kehamilan, wanita mungkin mengalami berbagai jenis pelepasan cairan. Wanita dapat mengeluarkan cairan kental, yang bisa jadi cukup deras dan juga tidak sengaja keluar lewat urine. Hal tersebut disebabkan pelepasan lendir kental selama masa kehamilan. Lendir kental tersebut mengisi saluran leher rahim dan juga membuat lapisan pelindung (mucus plug).

Ketika leher rahim mulai menipis dan juga membesar, lendir dikeluarkan. Lendir tersebut terlihat seperti cairan putih yang kental atau dapat dilepaskan bersama-sama di satu gumpalan seperti agar-agar. Anda mungkin akan melihat ada sedikit darah bersama dengan keluarnya. Hal ini mungkin menjadi tanda awal persalinan dan anda pun perlu bersiap-siap untuk bayi hadir dalam waktu dekat. Jika mengalami keputihan saat hamil, anda harus selalu menjaga kebersihan genital dengan tepat dan rutin, serta memakai pakaian katun yang bersih.

Dan janganlah anda mengabaikan kebersihan organ kewanitaan anda, karena banyak sekali kuman yang berbahaya yang ada pada organ intim bila tidak dibersihkan, meskipun organ intim yang berada didalam vagina bisa menangkal berbagai macam kuman namun anda juga harus perhatikan organ intim yang berada pada bagian luar.

Apakah Keputihan Bisa sembuh?

Apakah Keputihan Bisa sembuh? jelas bisa apalagi keputihan pertanda susu itu tidak berbahaya dan batas waktunya pada masa kehamilan saja. Namun apakah keputihan yang lainnya bisa sembuh? tergantung dengan apa penyebab dari keputihan tersebut, bila keputihan terjadi karena penyakit yang ada dalam vagina atau alat reproduksi Anda solusinya adalah dengan cara menyembuhkan terlebih dahulu penyakit yang ada dalam tubuh anda.

Sekian tips yang dapat Kang Aladin sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca artikel ini dan jangan lupa baca artikel lainnya yang berjudul : 6 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Haid Berikutnya

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!