fbpx

Keputihan Abnormal Penyebab Dan Cirinya

Bagikan Artikel ini:

Apa itu Keputihan Abnormal? Apa Penyebabnya? Dan Bagamana Cirinya? Yuk simak artikel dibawah ini!

Keputihan Abnormal Penyebab Dan Cirinya.  Keputihan adalah penyakit yang khas diderita kaum wanita yang ditandai dengan keluarnya cairan yang bukan darah dari vagina. Berdasarkan ciri-cirinya, keputihan terbagi atas dua jenis yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal.

Selama cairan atau lendir yang keluar tersebut tidak berbau, tidak menimbulkan gatal dan tidak berwarna, maka dia dikategorikan sebagai keputihan normal, jika sebaliknya maka termasuk jenis keputihan abnormal.

Secara normal cairan vagina diproduksi oleh tubuh untuk membersihkan organ intim. Pada kondisi tertentu cairan vagina akan meningkat produksinya, seperti menjelang menstruasi, saat ovulasi, dalam kehamilan, saat wanita terangsang secara seksual, dan lainnya. Cairan vagina yang normal adalah yang tidak berwarna (jernih atau putih), tidak berbau, dan tidak disertai rasa gatal atau nyeri. Jika  Anda mengalami  keputihan yang berwarna (putih susu, kuning, hijau, keabuan) disertai rasa gatal dan nyeri merupakan kondisi yang tidak normal.

Keputihan Abnormal Penyebab Dan Cirinya

Namun seringkali yang beranggapan bahwa keputihan abnormal itu dikait-kaitkan dengan berbagai macam penyakit. Apakah itu benar? penelitian mengemukakan bahwa memang benar ketika terjadinya keputihan abnormal ini menjadi pertanda bahwa anda sedang terserang penyakit. Untuk lebih jelasnya penyakit yang ditandai dengan keputiahan ini apa saja. Yuk simak dibawah ini.

Penyebab Keputihan Abnormal

Kebanyakan orang tidak mengetahui penyebab dari keputihan yang menurutnya wajar ini. Memang benar jika keputihan adalah wajar terjadi pada ssetiap wanita. Namun harus diketahui bahwa keputihan normal biasanya akan hilang dengan sendirinya. ada beberapa hal yang menyebabkan keputihan abnormal, bisa karena kuman, atau seringnya anda membersihkan area kewanitaan anda dengan pembersih yang berbahan kimia. Hal tersebut tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan beberapa penyakit. Lebih baik anda menggunakan bahan alami seperti daun sirih dan lain-lain.

Namun ada hal lain yang menjadi faktor penyebab keputihan diantara  Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

  • Vaginosis bakterialis (infeksi oleh bakteri)
  • Kandidiasis/Infeksi jamur
  • Gonore
  • Trikomoniasis
  • Klamidia
  • Penggunaan bahan/produk yang mengiritasi
  • dan lainnya

Ciri Keputihan Abnormal

Keputihan Abnormal

Agar lebih mudah dibedakan dengan keputihan normal, berikut ini ciri-ciri keputihan abnormal:

1. Keputihan berwarna coklat dan tercampur dengan darah

Biasanya terjadi pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur. Jika keputihan disertai dengan perdarahan dan rasa nyeri pada panggul maka kemungkinan ada kanker serviks atau kanker endometrium dalam tubuh. Segera periksakan diri ke dokter.

Kanker serviks merupakan kanker yang sering mucul dalam leher rahim wanita. Pintu rahim adalah salah satu jembatan atau pintu masuk menuju vagina. Siapa saja yang bisa terkena kanker serviks? study menjelaskan bahwa hampir semua wanita dari berbagai usia dapat terserang kanker serviks ini. Namun kebanyakan kasus yang terjadi karena kanker ini sering terjadi pada orang yang aktif secara seksual.Maka dari itu alangkah baiiknya kita mengenal dengan cara melihat keputihan apakah normal atau abnormal. Penyebab dari kanker serviks ini karena adanya virus HPV atau Human Pappiloma Virus. Tentunya virus ini disebabkan karena hubungan seksual yang tidak sehat.

2. Keputihan yang berwarna kuning

Bisa jadi keputihan ini disebabkan adanya infeksi gonorhea atau kencing nanah, apalagi jika keputihan disertai dengan perdarahan di vagina dan rasa nyeri saat buang air kecil. Keputihan ini hanya gejala dari penyakit yang dialami sehingga untuk menyembuhkannya infeksi pada vagina perlu diatasi terlebih dahulu. Kencing nanah atau dalam istilah ilmiah disebut dengan gonorhea atau gonore merupakan penyakit menular seksual disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak menjaga kebersihannya sehingga menimbulkan bakteri yang bernama Neissera gonorrhoeae atau gonococcus beraksi terhadap vagina yang tidak bersih. Bakteri ini sering menyerang pada dubur dan serviks wanita, dengan ditandai beberapa penyakit pada kulit.

3. Keputihan berwarna kehijauan dan berbau busuk

Rasa bau dan gatal saat buang air kecil menandakan adanya infeksi trikomoniasis dalam tubuh dan merupakan salah satu gejala keputihan abnormal yang perlu segera disembuhkan. Keputihan seperti ini merupakan ciri penyakit yang disebut dengan trikomoniasis. Merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit yang bernama trichomonas vaginalis. Anda harus hati-hati dengan penyakit ini, karena trikomoniasis adalah penyakit menular seksual. Trikomoniasis biasanya terjadi di daerah vagina dan saluran pembuangan urine, oleh sebab itu keputihan pertanda trikomoniasis menimblkan bau busuk dan berwarna hijau.

4. Keputihan yang berwarna pink

Keputihan ini biasa terjadi pada wanita setelah melahirkan. Biasanya hal tersebut wajar selama keputihan yang seperti ini tidak berkepanjangan. Biasanya terjadi sama halnya seperti nifas. Namun jika anda mengalami keputihan berwarna pink atau berwarna merah muda dan belum menikah anda harus waspada, segerakan untuk konsultasi dan periksakan ke dokter. Keputihan yang biasa terjadi pada remaja atau orang yang belum melahirkan biasanya berwarna bening, tidak menimbulkan gatal, dan juga tidak berbau.

5. Keputihan berwarna putih susu dan kental

Kemungkinan besar keputihan jenis ini disebabkan adanya infeksi jamur pada vagina. Apalagi jika keputihan disertai dengan ciri-ciri khas seperti bengkak dan rasa nyeri saat berhubungan intim. Karena keputihan biasa tidak berwarna dan tidak kental. Maka dari itu segerakan untuk periksa ke dokter. Biasanya hal tersebut terjadi karena infeksi jamur dan bukan tidak mungkin berbagai penyakit lainnya.

6. Keputihan berbau amis dan berwarna abu-abu

Jika keputihan menimbulkan bau amis berwarna abu-abu atau kekuningan, ada rasa gatal, bibir vagina bengkak dan kemerahan maka kemungkinan besar adalah ciri keputihan abnormal yang disebabkan karena bakteri atau kuman. Dalam istilah medis penyakit ini disebut sebagai bakterialis Vaginosis. Bakteri itu muncul karena anda melakukan hubungan seksual yang tidak sehat seperti penggunaan alat kontrasepsi spiral, menggunakan teknik douching (pembersihan vagina dengan disemprot), Merokok , dan tidak menggunakan kondom atau selalu berganti-ganti pasangan. Empat hal tersebut akan menjadikan bakteri bertumbuh dengan cepat sehingga menimbulkan warna abu-abu dan berbau amis.

Kesimpulannya anda haruslah menajaga kesehatah vagina anda, jangan membersihkan vagina dengan cairan yang berbahaya sebaiknya menggunakan bahan alami seperti daun sirih, dan janganlah berhubungan seksual secara tidak sehat dengan berganti-ganti pasangan jika tidak ingin penyakit diatas menyerang anda.

Ketika anda mengalami hal seperti diatas ada baiknya perikasakan ke dokter supaya ditangani dengan khusus, dan jangan dibiarkan karena sangat berbahaya sekali.

Sekian artikel tentang Keputihan abnormal penyebab dan cirinya, bila anda ingin berkonsultasi dokter aladin siap membantu menjawab berbagai masalah yang anda alami dengan mengirim pesan di Facebook Kang Aladin atau anda bisa mengirimkan pesan di alamat email kangaladin@yahoo.com. Mudah-mudahan dengan adanya artikel dan pelayanan dokter aladin ini memberikan solusi dan manfaat buat anda.

Jangan lupa baca artikel lainnya yang berjudul Penyakit Kulit Pada Alat Vital. Sekian dan terimakasih

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!