fbpx

Fungsi Kandung Kemih Pada Alat Reproduksi Wanita

Bagikan Artikel ini:

Fungsi Kandung Kemih Wanita

Ada banyak organ dalam manusia yang mempunyai fungsi berbeda satu sama lain. Salah satunya kandung kemih. Dalam anatomi Kandung Kemih, salah satu fungsi kandung kemih yang ada pada alat reproduksi wanita yaitu bisa mengumpulkan air seni yang dikeluarkan ginjal sebelum dikeluarkan melalui anus.

Sebelum memasuki kandung kemih, air seni itu melewati saluran ureter dan keluar melalui uretra. Kandung kemih atau yang sering disebut buli-buli ini pada umumnya bisa menyimpan urin orang dewasa sebanyak 500ml. Secara anatomi kandung kemih terdiri atas tiga permukaan, yakni permukaan superior, permukaan inferiolateral serta permukaan posterior.

Kandung kemih yang kosong ini akan terletak di dalam pelvis. Tapi bila kandung kemih yang sudah terisi dengan urin maka dinding pada bagian atasnya masuk kedalam daerah abdomen atau hipogastrium.

Perbedaan Kandung kemih Wanita dan laki-laki

Meskipun memiliki banyak kesamaan fitur anatomis dan fisiologis, sistem geniturinaria (kemih dan reproduksi) antara laki-laki dan perempuan pada dasarnya berbeda. Keduanya memang mempunyai dua ginjal, dua ureter (masing-masing menghubungkan salah satu ginjal dengan kandung kemih), satu kandung kemih, serta satu uretra. Ginjal berperan sebagai penyaring darah dari produk sisa metabolisme, yang nantinya akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Selain itu, ginjal berfungsi untuk menjaga volume peredaran darah di seluruh tubuh, mengatur keseimbangan cairan, mengatur jumlah mineral dan air, serta mengontrol tekanan darah. Akan tetapi, uretra pada laki-laki jauh lebih berjarak daripada perempuan. Panjangnya bisa sekitar 25 sentimeter dari kandung kemih ke ujung penis, dibandingkan perempuan yang hanya 5 sentimeter.

Perbedaan ini mungkin turut berpengaruh terhadap angka kejadian infeksi saluran kemih (ISK), khususnya cystitis, yang lebih tinggi pada perempuan. Uretra laki-laki yang lebih panjang agaknya memberi perlindungan lebih dari infeksi saluran kemih, tetapi ia juga mampu memicu persoalan lain, misalnya stenosis (penyempitan uretra). Di sisi lain, struktur uretra perempuan relatif lebih sederhana, sebab fungsi utamanya hanyalah sebagai pintu keluar urine dari tubuh. Ini bertolak belakang dengan fungsi ganda pada uretra laki-laki yang juga mengeluarkan cairan sperma selama aktivitas seksual. Tidak heran bila uretra laki-laki lebih sempit dan berotot ketimbang perempuan. Dengan demikian, saluran kemih laki-laki berfungsi seksual primer, sedangkan saluran kemih perempuan berfungsi seksual sekunder.

Dibawah ini akan dijelaskan tentang letak dan fungsi yang sebenarnya pada kandug kemih wanita.

 

Letak kandung kemih wanita dewasa

Letak kandung kemih pada Wanita Dewasa

Beberapa aspek lokasi yang sama pada letak kandung kemih kedua pria dan wanita. Tapi tidak menampakkan perbedaan tertentu dalam jenis kelamin yang berlawanan. Untuk wanita dewasa, organ sistem reproduksi ini terletak anterior vagina dan inferior ke rahim. Karena pergeseran relatif lokasi, ini juga mengurangi ukuran karena tak bisa menyimpan sebanyak volume urin seperti yang ada pada laki-laki.

Fungsi kandung kemih yang paling adalah untuk bertindak sebagai reservoir sebagai penyimpanan waktu singkat cairan ekskresi yang diterima dari ginjal. Juga mengontrol aliran urin dengan bantuan katup cek yang dapat mencegah maju yang tidak diinginkan ataupun aliran mundur. Sebagai peningkatan volume urin, memperluas dinding otot polos, dan Anda merasa keinginan buang air kecil sesegera mungkin.Mungkin urin atau urine anda serng mendengarkan,biasanya dipakai di kepolisian untuk mengececk kandungan narkoba atau tidak.

Fungsi Kandung Kemih Pada Alat Reproduksi Wanita

Fungsi Urin Kandung Kemih Pada Wanita Dewasa

Fungsi utama dari organ ekskretoris adalah untuk bertindak sebagai reservoir untuk penyimpanan waktu singkat cairan ekskresi yang diterima dari ginjal. Ini juga mengontrol aliran urin dengan bantuan katup cek yang mencegah maju yang tidak diinginkan atau aliran mundur. Sebagai peningkatan volume urin memperluas dinding otot polos, Anda merasa keinginan untuk buang air kecil sesegera mungkin.

Dinding yang membentang mengirim sinyal ke sistem saraf parasimpatis mana respon yang dihasilkan dan hasil dalam kontraksi otot detrusor untuk mendorong urin keluar dari kandung kemih. Untuk memulai proses buang air kecil, dua sfingter peraturan, yang terletak di jalan, perlu dibuka secara bersamaan. Salah satu sfingter berada di bawah komando sukarela Anda, sementara yang lain dikendalikan oleh sistem saraf otonom.

Kapasitas memegang urin normal kantung kemih bervariasi dari 300 ml sampai sekitar 350 ml, tapi dengan pelebaran penuh, dapat menyimpan hingga 600 ml cairan ekskresi! Artinya, volume meningkat hampir dua kali lipat pada pencapaian distensi penuh. Namun, segera setelah 150 ml cairan dikumpulkan, keinginan untuk buang air kecil ringan diinduksi dalam individu tetapi dapat ditunda untuk jangka waktu tertentu sampai kandung kemih telah mencapai kapasitas maksimum.

Namun ada penjelasan lain yang menyebutkan tentang fungsi kandung kemih tersebut.Berikut merupakan fungsi kandung kemih pada alat reproduksi wanita:

Sebagai alat penyimpanan

Utamanya kandung kemih berfungsi sebagai pelayanan atau reservoir menyimpan produk limbah ginjal yang difilter dari darah yakni urine. Kandung kemih ini umumnya memiliki kapasitas yang biasa sekitar 2 cangkir saja. Tapi kandung kemih ini bisa saja merenggang di dalam beberapa kasus tertentu, yang mana bisa merenggang hingga menampung 6 cangkir.

Penyampaian sensasi

Ketika kandung kemih terisi sekitar ½ cangkir air seni, peregangan reseptor saraf pada jaringan kandung kemih menyampaikan pesan ke otak. Yang mana ini disebut dengan sinyal sensasi penuh. Memang kebanyakan manusia merasa tidak nyaman ketika kandung kemih menampung sekitar satu cangkir urin. Namun pergerakan mengeluarkan air seni ini merupakan reaksi diluar control sadar.

Kontraksi

Saat kandung kemih mengembang, peregangan reseptor juga akan menyampaikan pesan secara reflex pada pusat kemih yang pada gilirannya akan mengirimkan impuls sepanjang saraf motorik. Inilah yang akan menyebabkan rasa urgensi.

Buang air kecil

Selain itu Fungsi Kandung kemih dalam alat reproduksi wanita juga sebagai alat berkemih ataupun mengeluarkan air seni yang sudah ditampung. Saraf motorik juga akan berfungsi memberi sinyal otot sfingter internal yakni peranjangan dari otot detrusor yang menyelimuti sekitar pembukaan uretra agar merasa rileks.

Namun otot eksternal pada bagian bawah uretra berada dibawah control sadar jadi kita harus dapat mencegah terjadinya pengeluaran air seni tersebut sampai saat kita benar-benar dalam keadaan sadar.

Pemulihan

Saat proses pengosongan pada kandung kemih, semua otot dan saraf-saraf yang bekerja akan mengalami relaksasi dan menyusut sampai memulai mengisi lagi air seni dengan siklus yang sama berulang.

Penyakit dan Kondisi yang dapat menganggu fungsi kandung kemih

  • Mungkin ini sedikit penjelasan saja, melenceng dari judul, namun saya akan memberi informasi tentang penyakit yang menyerang kandung kemih.
  • Disuria (nyeri buang air kecil): Nyeri atau ketidaknyamanan saat buang air kecil karena infeksi, iritasi, atau peradangan pada kandung kemih, uretra, atau alat kelamin eksternal.
  • Batu kemih : batu bisa terbentuk di ginjal dan berpindah ke kandung kemih. Jika batu memblok urin mengalir ke atau dari kandung kemih, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit parah.
  • Kanker kandung kemih : Sebuah tumor di kandung kemih biasanya ditemukan setelah darah ditemukan dalam urin. Merokok dan paparan bahan kimia di tempat kerja menyebabkan sebagian besar kasus kanker kandung kemih.
  • Inkontinensia urin : buang air kecil yang tidak terkontrol atau urin keluar tiba tiba, yang mungkin kronis. Inkontinensia urin dapat terjadi dari berbagai penyebab.
  • Kandung kemih terlalu aktif: Otot kandung kemih (detrusor) mengkerut tanpa sadar, menyebabkan beberapa urin bocor keluar. Detrusor yang terlalu aktf merupakan penyebab umum dari inkontinensia urin.
  • Hematuria : Darah dalam urin. Hematuria mungkin jinak, atau mungkin disebabkan oleh infeksi atau kondisi serius seperti kanker kandung kemih.
  • Retensi urin : Urin tidak keluar kandung kemih biasanya karena sumbatan atau aktivitas otot kandung kemih ditekan. Kandung kemih dapat membengkak untuk menampung lebih dari satu liter urine.
  • Sistokel : Lemah otot panggul (biasanya dari melahirkan) memungkinkan kandung kemih untuk menekan vagina. Masalah dengan buang air kecil bisa terjadi.
  • Mengompol (nokturnal enuresis): mengompol didefinisikan sebagai usia anak 5 tahun atau lebih yang mengompol saat tidur setidaknya satu atau dua kali seminggu selama setidaknya tiga bulan.
  • Sistitis : Peradangan atau infeksi kandung kemih menyebabkan nyeri akut atau kronis atau ketidaknyamanan atau frekuensi kencing atau keraguan.

Nah itu dia fungsi dari kandung kemih yang ada pada organ tubuh. Semoga dapat menambah pengetahuan anda.

 

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!