Cara Menyembuhkan Luka Agar Cepat Kering

Bagikan Artikel ini:

Cara Menyembuhkan Luka Agar Cepat Kering – Memiliki kulit yang bersih dan mulus adalah impian setiap orang, baik pria maupun wanita. Sayangnnya, ada saja hal yang dapat menghancurkan impian tersebut. Salah satunya akibat luka.

Cara Menyembuhkan Luka Agar Cepat Kering

Ya, luka merupakan suatu kondisi dimana kulit mengalami kerusakan, baik akibat terjatuh, tergores atau pun akibat terkena percikan api. Luka sering kali dapat merusak penampilan, hal ini karena luka cenderung akan meninggalakn bekas. Selain itu, proses atau cara menyembuhkan luka juga cenderung membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga dapat mengganggu aktivitas.

Jenis-jenis Luka

Luka di bedakan menjadi 3 dasar, yaitu :

Berdasarkan tingkat kontaminasi

Luka berdasarkan tingkat kontaminasi terbagi menjadi 4, yaitu :

  • Luka bersih (Clean wounds). Luka ini merupakan luka bedah yang tidak terinfeksi, dimana luka tersebut tidak terjadi proses peradangan (inflamasi).
  • Luka bersih terkontaminasi (Clean-contamined wounds). Luka ini bisa terjadi pada luka pembedahan. Dimana saluran respirasi, pencernaan, genital atau perkemihan dalam kondisi terjaga, kontaminasi tidak akan terjadi.
  • Luka terkontaminasi (Contamined wounds). Luka ini umumnya jenis luka yang baru terjadi, misalnya akibat kecelakaan atau operasi. Selai itu, luka ini juga bisa terjadi akibat kontaminasi dari saluran cerna.
  • Luka kotor atau infeksi (Dirty or Infected wounds). Luka ini terjadi akibat adanya mikroorganisme pada luka. Kondisi ini tentunya memungkinkan terjadinya infeksi pada luka dan akan semakin membesar dengan adanya mikroorganisme tersebut.
Berdasarkan kedalaman dan besar luka

Sama seperti sebelumnya, luka berdasarkan kedalam dan besarnya luka terbagi menjadi 4 tingkatan, yaitu :

  • Stadium I. Luka pada stadium ini disebut juga dengan luka superfisial, dimana luka yang terjadi hanya pada lapisan epidermis kulit.
  • Stadium II. Luka pada stadium ini disebut juga dengan luka partial thickness. Luka ini mengakibatkan hilangnnya lapisan kulit pada lapisan epidermis dan bagian atas dari dermis.
  • Stadium III. Luka pada stadium ini disebut juga dengan luka full thickness I. Luka ini menyebabkan hilangnya seluruh lapisan kulit akibat kerusakan atau nekrosis jaringan subkutan yang meluas hingga bawah. Tetapi tidak sampai melewati jaringan dasar.
  • Stadium IV. Luka pada stadium ini disebut juga dengan luka full thickness II. Luka ini merupakan jenis luka terparah, karena telah mencapai lapisan dasar seperti otot, tendon dan tulang. Dimana kerusakan akan telah meluas.
Berdasarkan waktu penyembuhan luka

Untuk proses penyembuhan tergantung pada seberapa tingkat keparahan yang terjadi pada luka itu sendiri. Proses penyembuhan luka terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Luka akut. Luka ini merupakan jenis luka dengan massa penyembuhan yang masih bisa diprediksi. Sedangkan
  • Luka kronis. Luka ini merupakan jenis luka yang sulit untuk diprediksi dalam proses penyembuhannya.

Macam-macam Luka

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai luka berdasarkan jenisnya, sekarang kita lanjut membahas mengenai macam-macam luka. Ada banyak sekali luka yang sering terjadi, diantaranya :

  • Luka lecet (Vulnus excoriasi). Jenis luka yang derajat nyerinya masih ringan dan proses penyembuhannya mudah. Hal ini karena biasanya luka lecet hanya terletak di ujung-ujung syaraf nyeri di kulit.
  • Luka tusuk (Vulnus punctum). Jenis luka ini umumnya terjadi akibat tusukan benda logam. Sehingga luka ini perlu diwaspadai, karena pada logam sering ditemui bakteri clostridium tetani.
  • Luka kontusiopin (Vulnus costussum). Jenis luka ini bisa berupa luka memar. Luka ini disarankan agar tidak mendapatkan tekanan atau urutan, karena akan mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah. Sehingga luka akan semakin membesar.
  • Luka sayat (Vulnus insivium). Jenis luka ini disebabkan oleh sayatan benda tajam, bisa itu logam, kayu atau pun lain sebagainya. Luka ini umumnya hanya luka tipis.
  • Luka schlopetorum. Luka jenis ini biasanya disebabkan oleh tembakan peluru, sehingga peluru harus segera dikeluarkan.
  • Luka bakar (Vulnus combustion). Luka ini disebabkan oleh kontraksi antara kulit dengan zat panas, misalnya air panas atau minyak panas, api dll.
  • Luka gigitan. Luka jenis ini merupakan jenis luka yang paling umum terjadi dan diakibatkan oleh luka gigitan.  Seperti digigit ular, kucing atau binatang lainnya.
  • Luka parut (laserasi). Luka jenis ini disebabkan karena benda keras yang merusak permukaan kulit. Misalnya jatuh saat berlari.
  • Luka teriris atau terpotong. Jenis luka ini hampir sama dengan luka sayat, hanya saja lukanya lebih dalam dan bisa mengelurakan darah cukup banyak. Bahkan jika pembuluh darah arteri terputus.

Proses Penyembuhan dan Cara Menyembuhkan Luka Agar Cepat Kering

Proses penyembuhan luka bervariasi, tergantung dengan jenis luka yang dialaminya. Namun yang pasti proses penyembuhan luka bisa terbagi dalam tiga tahap.

Fase inflamasi

Fase ini merupakan respon vaskuler dan seluler yang terjadi akibat luka terjadi pada jaringan lunak. Dalam fase ini pengobatan bertujuan untuk menghentikan perdarahan dan membersihkan area luka dari benda asing. Seperti sel-sel mati dan bakteri untuk mempersiapkan dimulainya proses penyembuhan.

Fase proliferatif

Pada fase ini bertujuan untuk memperbaiki dan menyembuhkan luka dan ditandai dengan proliferasi sel. Peran fibroblas sangat besar pada proses perbaikan. Karena bertanggung jawab pada persiapan untuk menghasilkan produk struktur protein yang akan digunakan selama proses renskotruksi jaringan.

Fase maturasi

Fase ini dimulai pada minggu ke-3 setelah luka dan berakhir selama -+ 12 bulan. Tujuan dari fase ini adalah untuk menyempurnakan terbentuknya jaringan baru menjadi jaringan penyembuhan yang kuat dan berkualitas.

Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi proses penyembuhan luka. Seperti :

  • Usia. Semakin bertambahnya usia, semakin menurunkan kemampuan penyembuhan jaringan.
  • Infeksi. Selain menghambat proses penyembuhan luka, infeksi juga akan menyebabkan kerusakan pada jaringan sel penunjang. Sehingga akan menambah ukuran dan tingkat keparahan luka.
  • Hipovolemia. Kurangnya volume darah akan mengakibatkan vasokontriksi dan menurunkan kertersediaan oksigen dan nutrisi untuk penyembuhan luka.
  • Hematoma (pembekuan darah).
  • Iskemia. Iskemia merupakan suatu keadaan dimana terdapat penurunan suplai darah pada bagian tubuh akibat obstruksi dan aliran darah. Kondisi ini terjadi akibat dari balutan pada luka yang terlalu ketat.
  • Benda asing. Benda asing seperti pasir dan mikroorganisme akan menyebabkan terbentuknya suatu abses sebelum benda tersebut diangkat. Dari abses ini akan muncul serum, fibrin, jaringan sel mati dan leukosit (sel darah merah), yang akhirnya menyebabkan adanya nanah.

Apapun jenis lukanya, namun yang pasti luka tersebut harus segera diobati. Jika tidak maka memungkinkan luka mengalami infeksi akibat bakteri. Terutama jika luka tersebut jenis luka kotor.

Cara Menyembuhkan Luka Agar Cepat Kering

Cara Menyembuhkan Luka Agar Cepat Kering

Propolis Brazil With Nano Technol0gy

Rp. 125.000 / Botol

Legalitas BPOM RI & Halal MUI

PROPOLIS BRAZIL merupakan produk herbal yang menguncang dunia herbal. Hal ini karena Propolis Brazil ini sangat ampuh dan efektif dalam membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit kronis. Salah satunya sebagai cara menyembuhkan luka agar cepat kering.

Propolis Brazil akan membuat proses penyembuhan dan pengeringan luka menjadi lebih cepat. Hal ini karena Propolis Brazil memiliki kandungan yang sangat luar biasa dan telah terbukti khasiatnya.

Apa itu sebenarnya propolis ? Propolis dapat diartikan sebagai lem lebah. Dengan artian lain propolis ini merupakan sesuatu yang dikumpulkan oleh lebah yang berasal dari berbagai tumbuhan.

Namun sayangnya, untuk menemukan Propolis Brazil ini sangat sulit. Hanya ada satu-satunya di Indonesia yang benar-benar berkomposisi Propolis Brazil 100% tanpa campran zat kimia apapun. Yakni produk herbal yang ada dikami ini.

Keunggulan Propolis Brazil

Ada banyak keunggulan dari Propolis Brazil yang ada jual ini. Seperti :

  • 100% terbuat dari Propolis Brazil asli
  • Tetesan propolis pada air tidak menyebbakan perubahan warna
  • Diproses dengan Nano Teknologi
  • Tidak menimbulkan bau tengik
  • Terdapat aroma yang khas
  • Tidak berasa asam seperti layaknya propolis lain
  • Terdapat aroma mint yang menyegarkan
  • Bereaksi sangat cepat dalam tubuh

Selain itu akan ada banyak keuntungan jika anda memesan Propolis Brazil pada kami. Seperti :

  • Produk dijamin Original 100%
  • Packing rapi
  • Beli banyak lebih hemat, pemesanan 1 dus isi 7 botol = Rp 100.000/Botol
  • Jika barang terbukti palsu uang kembali
  • Konsultasi kesehatan gratis

Cara Pemesanan Propolis Brazil

Bagi anda yang menginginkan proses penyembuhan luka agar cepat kering, maka segeralah untuk memesan Propolis Brazil ini. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengisi formulir dibawah ini.

Dengan harga yang sangat MURMER alian Murah Meriah ini anda bisa terbebas dari proses penyembuhan luka yang sangat lama. GAK PERCAYA ? PESAN DAN BUKTIKAN KHASIATNYA SEKARANG JUGA !!

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Kista Coklat Tanpa Operasi Dengan Tanaman Herbal

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!