Bisul Di Kemaluan Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Bagikan Artikel ini:

Bisul atau dalam dunia medis disebut furunkel adalah benjolan merah di kulit yang terasa sakit berisi nanah. Benjolan ini muncul karena infeksi bakteri yang memicu inflamasi di folikel rambut. Yakni lubang tempat rambut tumbuh. Bagian tubuh paling sering diserang bisul yaitu wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Selain itu bisul sering tumbuh di sekitar kelamuan baik pada wanita atau pria. Dan disebut dengan bisul di kemaluan.

Bisul adalah penyakit yang sangat mengganggu apalagi berada pada bagian kemaluan.Bisul di kemaluan memang sering terjadi dimana di sekitar vagina banyak ditumbuhi bulu kemaluan. Bisul yang ditandai benjolan di kemaluan yang berwarna merah dan berisi nanah, penyebab nya infeksi bakteri yang pada folikel rambut kemaluan.

Bisul Di Kemaluan Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Bisul Di Kemaluan Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bisul Di Kemaluan

Jadi bila di sekitar kemaluan vagina menemukan benjolan ditandai  benjolan berwarna merah dan ada nanah. Kemungkinan besar itu adalah bisul  atau furunkel dan penyebabnya infeksi bakteri, umumnya disebabkan bakteri Stafilokokus aureus.

Meskipun demikian bisul di kemaluan vagina bukan masalah sepele karena selain menimbulkan perih, sakit, nyeri juga mengganggu kenyamanan. Bila bisul di kemaluan dibiarkan mugkin bisa kedepannya menyebabkan penyakit seksual menular yang berbahaya.

Bebeberapa penyebab bisul di kemaluan :

Siklus hormonal

Tingkat progesteron yang tinggi yang dialami wanita menjelang menstruasi akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuhnya, yang kemudian menyebabkan akumulasi lemak pada pori-pori. Pori-pori ini lalu menjadi meradang, menyebabkan tumbuhnya jerawat di area vagina.

Celana dalam yang terlalu ketat

Jika celana dalam terlalu ketat, maka tidak ada sirkulasi udara sehingga area vagina menjadi lembab. Celana dalam yang ketat juga menyebabkan terjadinya gesekan antara celana dalam dengan dengan kulit di area vagina sehingga terjadi lecet. Jika terpapar bakteri, bagian yang lecet ini akan mengalami infeksi dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Rambut yang tumbuh ke dalam

Ingrown hair atau bulu pubis yang tumbuh ke dalam umumnya disebabkan oleh kebiasaan mencukur area vagina atau tanpa sengaja rambut kemaluan tercabut. Ketika mencukur, bisa saja alat pencukur menggores pori-pori bulu pubis. Dan selama proses pemulihan pori-pori tersebut menutup dan membawa serta folikel rambut. Hal inilah yang menyebabkan bengkak yang mirip jerawat.

Konsumsi makanan tertentu

Makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperti margarin, mayones atau telur jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bisul/ jerawat pada vagina.

Reaksi alergi

Jika bisul/ jerawat tumbuh di vagina setelah konsumsi makanan yang tidak biasa anda makan, mungkin saja jerawat ini merupakan reaksi alergi dari makanan tersebut. Kebanyakan reaksi alergi terlihat dari kulit yang memerah atau meradang, yang mirip dengan jerawat atau bisul. Atau bisa juga karena alergi deterjen yang terlalu keras yang tidak dibilas bersih saat mencuci celana dalam.

Keringat

Hal ini merupakan penyebab utama/ umum dari jerawat di vagina. Keringat di area selangkangan akan menyebabkan bakteri terakumulasi di daerah ini dan bisa menyebabkan peradangan dari pori-pori keringat dan akhirnya dapat menyebabkan tumbuhnya bisul/ jerawat.

Saat menstruasi malas mengganti pembalut

Saat menstruasi daerah vagina menjadi lebih lembab. Jika kulit yang lembab ini teriritasi dan terjadi luka terbuka lalu terpapar bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes maka terjadi lah bisul. Bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes ini bisa saja berasal dari kulit bagian tubuh yang lain dan tanpa sadar menyentuh area vagina.

Apa lagi yang bisa menyebabkan bisul dan bisul di kemaluan?

1. Vulvovaginitis

Adalah peradangan atau infeksi pada sekitar bibir vagina atau labia dan area perineum. Ini adalah kondisi umum yang dapat mempengaruhi wanita dan anak perempuan segala usia, dan mempunyai berbagai penyebab. Candida albicans yaitu infeksi jamur penyebab umum vulvovaginitis. Vulvovaginitis yang terjadi pada remaja perempuan bisa disebabkan kadar estrogen yang rendah.

Vulvovaginitis bisa memengaruhi sekitar 75 persen perempuan pada hidup mereka. Infeksi jamur ini bisa menyebabkan rasa gatal dan keputihan yang putih kental mirip dengan keju cottage. Tanda lainnya yaitu nyeri saat buang air kecil.

2. Dermatitis

Eksim mengacu pada kondisi kulit yang dapat menyebabkan kulit meradang, bengkak, iritasi, juga gatal. Salah satu jenis eksim yang sering terjadi yaitu dermatitis atopik yang disebabkan oleh sensitivitas kulit pada alergen. Dan dermatitis kontak yang disebabkan iritan eksternal ataupun kimiawi.

Gejala yang berhubungan pada dermatitis kontak alergi termasuk: kering, gatal-gatal, bisul yang basah mengalir ataupun lecet kering, bersisik, kulit terkelupas, kulit kemerahan, kulit berubah gelap ataupun  kasar, sensasi panas terbakar dengan ataupun tanpa borok, gatal ekstrim.

3. Kista vagina

Biasanya terbentuk saat kelenjar kulit atau saluran keringat tersumbat. Ini menyebabkan penggumpalan cairan ataupun bahan lain di bawah kulit. Kista sering terlihat layaknya jerawat atau benjolan bawah kulit.

Cara Mengatasi Bisul Di Kemaluan

Tidak perlu khawatir bila memang mempunyai masalah bisul di vagina. Anda coba dengan cara menghilangkan luka sariawan pada kemaluan secara alami dengan bahan-bahan alami berikut :

Menghilangkan bisul di kemaluan dengan Madu

Madu dapatmenjadi obat alami untuk luka pada kulit. Karena madu diklaim mempercepat proses penyembuhan serta meminimalkan iritasi kulit dan gatal, termasuk pada bisul di vagina. Cara untuk mengobati bisul di vagina dengan madu, cukup mengoles madu ke area bisul. Biarkan 30 menit, kemudian cuci bersih dengan air dingin.

Menghilangkan jerawat di vagina dengan kunyit putih

Kunyit putih memili khasiat antioksidan juga anti-iflamasi, cara nya rebuslah 10 gram kunyit kering. Dicampur temu putih, tapak liman kering djuga pegagan kering masing-masing 10 gram. Ditambah 30 gram cakar ayam segar. Rebus dengan 1 liter air, sisakan setangahnya angkat setelah dingin dan disaring. Minum 3 kali sehari.

Adapun Cara lain seperti berikut :

  1. Bisul pada vagina karena HPV dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim
  2. Periksakan bisul/ jerawat pada vagina jika bisul muncul berulang ke dokter kandungan untuk mengetahui perlu tidaknya mendapatkan obat antiradang dan antibiotik. Dari dokter, anda juga akan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut apakah jerawat tersebut berbahaya atau tidak.
  3. Jangan pencet jerawat untuk mencegah terjadinya peradangan lebih lanjut. Jika jerawat pecah dengan sendirinya, keluarkan cairan dari dalamnya sampai bersih, lalu obati dengan Betadine.
  4. Segera ke dokter jika muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan yang menetap antara sebulan sampai setahun terlebih jika anda telah aktif melakukan hubungan seksual karena mungkin saja bisul disebabkan oleh Virus Human Papilloma atau HPV penyebab kanker serviks. Berbeda dengan bisul yang tidak berbahaya, bisul ini umumnya tidak mudah terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix

Rekomendasi Herbal Atasi Bisul Di Kemaluan

Apakah Ada Herbal Untuk Atasi Bisul di Kemaluan?
Solusi Tepatnya adalah dengan mengonsumsi….
QnC Jelly Gamat

Rp155.000 / Botol


 

*Catatan:

*Belum Termasuk Ongkir.

 

QnC Jelly Gamat merupakan produk multikhasiat yang di produksi untuk mengatasi masalah penyakit ringan maupun kronis. Baik penyakit didalam tubuh maupun di luat tubuh seperti Bisul di Kemaluan. QnC Jelly Gamat bisa membantu proses penyembuhna bisul di kemaluan karena didalamnya terkandung senyawa aktif yang mampu mengatasi berbagai masalah penyakit kulit.

Hal ini tidak lain dari peranan kandungan didalamnya yang meliputi:

  • Protein 86,8 %
  • 80% kolagen
  • Mucopolysacarida
  • Condroitin Sulfat dan Glukosamin
  • Omega 3
  • Air RO
  • Bio Active Element
  • Essen Natural
  • Ekstrak Buah dan Sayur
  • Madu Asli

Kandungan-kandungan inilah yang berperan sangat penting dalam penyembuhan berbagai penyakit termasuk bisul di kemaluan. Biasanya bisul di kemaluan akan cepat sembuh ketika anda rutin mengonsumsi QnC Jelly Gamat ini.

Cara Konsumsi:

  • 3 Sendok 3 kali Sehari
  • Konsumsi dengan air hangat
  • Oleskan pada bagian bisul

Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat

Cara pemesanan QnC Jelly Gamat ini sangat mudah, anda hanya perlu mengirimkan pesan melalui Whatsapp atau SMS pada no 0812 2278 4949 dengan Format seperti dibawah ini:

QNC #Jumlah Pesanan #Nama #Alamat Lengkap #No.Telp/Hp

Kirim ke 0812 2278 4949


QNC #10 Botol #Urip Raharjo #Jalan Pahlawan Kota #08521264xxxxKirim ke 0812 2278 4949

*Catatan : format tersebut dikirim pada no 0812 2278 4949 supaya memudahkan dalam memproses pengiriman barang

Catatan :

  • Format diatas Merupakan format yang dapat memudahkan proses pengiriman
  • Pengiriman akan mengunakan jasa pengiriman barang JNE
  • Ongkir pengiriman barang sudah ditentukan oleh JNE

Baca Juga : Walatra Propolis Brazil Obat Tetes Alami

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!