fbpx

Bahaya Dan Penanganan Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri

Bagikan Artikel ini:

AladinSehat.com – Masalah yang menyangkut pada kemaluan memanglah sangat menggangu dan membahayakan bagi wanita, apalagi masalah yang bersangkutan dengan Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri. Hal ini akan menjadi masalah buat wanita apalagi buat Anda yang memiliki pasangan suami.

Memang benjolan di bibir kemaluan sebelah kiri bisa disebabkan  berbagai sebab. Kondisi tersebut bisa juga merupakan gejala ringan, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa itu merupakan suatu kondisi yang serius. Hanya saja di dalam memutuskan jenisnya, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Berbagai kemungkinan yang menjadi penyebab benjolan tersebut, antara lain adalah :

1.kutil kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit yang menyebabkan infeksi menular seksusal, biasanya ditandai dengan munculnya benjolan daging tapi ukurannya kecil di area kelamin atau di bibir kelamin. Meskipun tidak membahayakan tetapi kutil kelamin ini sangat mengganggu sekali.

Apa penyebab dari munculnya kutil kelamin tersebut? penyebabnya adalah Human Papilloma Virus (HPV). Seseorang akan terjangkit kutil kelamin ini apabila melalui kontak langsung antar kulit ketika berhubungan seksual.

2.bisul atau jerawat

Jerawat adalah hal yang lumrah terjadi pada pria dan wanita baik di wajah ataupun di punggung,yang dikhawatirkan jerawat bukan tumbuh didaerah tersebut,tapi tumbuh didaerah intim wanita? pasti Anda cemas kan apabila tumbuh didaerah tersebut? ya memang benar, hal tersebut bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan organ intim Anda. Jerawat atau bisul ini salah satunya yang menyebabkan Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri.

Faktor timbulnya jerawat ataupun bisul:

  • Keringat
  • Konsumsi makanan tertentu
  • Reaksi atau alergi
  • iklus Hormonal
  • Rambut yang tunbuh kedalam
  • Malas mengganti pembalut.

3.kista bartholin

Bartholin adalah kelenjar yang terletak pada kedua sisi bibir vagina pada kelamin wanita. kelenjar ini yang membuat cairan yang fungsinya sebagai pelumas saat berhubungan seksual.

Namun dibalik itu semua ada yang berbahaya yaitu Kista Bartholin yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyumbat kelenjar bartholin sehingga menyebabkan Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri.

4.herpes genital

Herpes Genital adalah infeksi pada alat kelamin yamg bisa terjadi baik pada wanita maupun pria. Pada Wanita penyakit ini biasanya menyerang pada bagan bibir vagina. Penyakit yang disebut menjadi salah satu penyakit infeksi menural seksual (IMs). Penyakit ini disebabkan oleh kontak fisik secara langsung (berhubungan intim) dengan orang yang terjangkit virus herpes genital.

Bahaya Dan Penanganan Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri
Bahaya Dan Penanganan Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri

 

Tips Jika Mengalami benjolan di bibir kemaluan sebelah kiri

Berbagai kemungkinan bisa menjadi penyebab benjolan tersebut. Hanya saja, berbahaya ataupun tidak perlu dilakukan pemeriksaan pada bentuk benjolannya. Termasuk pengambilan sampel benjolan tersebut.

Hal itu hanya bisa di lakukan dengan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit kelamin. Nanti, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh agar jenis penyebabnya diketahui apakah berbahaya atau hanya gejala yang ringan saja. Pengobatan yang tepat diberikan untuk menghilangkan benjolan tersebut. Ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

  • Hindari menggunakan produk kewanitaan yang mengandung zat kuat ataupun parfum agar tak mengiritasi
  • Lakukan perawatan organ intim anda dengan baik dan benar
  • Gunakanlah pakaian dalam berbahan katun juga tidak ketat
  • Anda dapat melakukan vaksinasi HPV agar mencegah infeksi virus

Sakit dan bengkak disertai benjolan di bibir kemaluan sebelah kiri

Bengkak yang timbul di area vagina bisa diakibatkan berbagai kemungkinan penyebab:

Kista Bartholin atau penyumbatan kelenjar Bartholin yang terdapat pada mulut vagina. Infeksi vulva atau bibir vagina atau vagina ini akibat jamur, bakteri ataupun parasit. Penyakit menular seksual atau PMS. Gigitan serangga. Trauma atau benturan, dan sebagainya.

Untuk memastikan penyebabnya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter supaya dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pengamatan langsung. Atau tes penunjang jika diperlukan seperti tes cairan vagina,tes darah dan sebagainya. Sehingga penanganan yang tepat bisa diberikan sesuai dengan kondisi. Anjuran yang bisa Anda lakukan:

  • Jaga kebersihan organ intim
  • Kenakan pakaian dalam berbahan katun dan tidak ketat
  • Mengganti pakaian dalam teratur 2 kali sehari
  • Hindari mengurut atau memijat area yang bengkak
  • Bila nyeri mengganggu dapat mengonsumsi ibuprofen ataupun paracetamol untuk mengurangi nyeri
  • Kompreslah dengan air hangat agar membantu meredakan bengkak serta nyeri.

Bahaya Bibir Vagina Sebelah Kiri ada Benjolan

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan benjolan di daerah bibir vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan itu disebut tumor. Secara garis besar benjolan dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini penyakit yang dapat menyebabkan benjolan di bibir vagina:

Setiap wanita mempunyai sepasang kelenjar bartholin yang ada pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat akan menyebabkan munculnya benjolan atau kista dan dapat pula terinfeksi jadi akan meradang. Jika sudah terjadi radang, maka benjolan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Jika terdapat nanah kemungkinan ini sudah menjadi abses atau bisul.

Fibroma

Fibroma adalah tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat di bibir vagina. Ukuran tumor ini sangat kecil hanya berkisar 1 sampai dengan 4 cm, bentuknya biasanya lonjong atau seperti berbentuk lingka.

Tumor yang satu ini dapat menjangkit manusia tanpa mengenal batas usia. Tumor ini bisa menjadi tumor ganas. Salah satu menyembuhkan tumor ini adalah dengan tindakan eksisi, untuk itu harus dilakukan  pengangkatan seluruh jaringan tumor beserta simpainya, sehingga tak akan muncul lagi.

Lipoma

Lipoma adalah tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak yang tumbuh secara lambat. Lipoma bisa berpindah posisi ketika Anda tekan dengan jari secara perlahan.Lipoma ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan kebanyakan terjadi pada usia lanjut,

Lipoma tidak perlu perawatan serius karena biasanya tumor ini tidaklah berahaya dan bukan bersifat kanker.Apabila tumor tersebut menyerang dibagian vagina alangkah baiknya anda melakukan operasi karena akan mengganggu sekali alat kelamin Anda.

Sarkoma

Sarkoma adalah tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat, biasanya tumor ini berasal dari mesoderm,tetapi dapat berasal dari ektoderm yaitu tumot saraf.Penyakit ini tidak menutup kemungkinan menjadi sebab Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri.

Adenocarcinoma Bartholin

Sama halnya seperti Kista Bartholin namun Adenocarcinoma Bartholin sedikit lebih bahaya karena penyakit ini merupakan tumor ganas dari kelenjar Bartholin. Penyakit ini adalah tahap lanjut daari kista yang bersifat lunak menjadi tumor ganas.Sebaiknya jika penyakit ini yang menyebabkan Benjolan Di Bibir Kemaluan Sebelah Kiri segeralah melakukan operasi sebelum tumor ini menjadi kanker yang sangat ganas.

Pemeriksaan

Untuk mengetahui benjolan di kemaluan tersebut berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari hasil pemeriksaan fisik, Dokter akan bisa menduga benjolan tersebut ganas ataukah tidak, namun untuk tahu secara pasti, benjolan tersebut harus diangkat dan diperiksa berada di bawah mikroskop (histopatologi).

Rekomended Obat Herbal
Walatra Zedoril 7

Walatra Zedoril 7
Walatra Zedoril 7

Rp400.000/ Botol


*Catatan:

*Belum Termasuk Ongkir.

ORDER SEKARANG!
Dapatkan Gratis Ongkos Kirim Untuk Pemesanan Minimal 2 botol.

Walatra Zedoril merupakan produk herbal khusus yan di formulasikan untuk mengatasi bebagai keluhan penyakit kanker dan tumor. Produk herbal ini sangat aman anda konsumsi karena telah memiliki legalitas resmi dari BPOM RI dengan No reg. POM TR 173304521.

Mengapa Walatra ini sangat baik untuk tumor dan kanker bahkan baik untuk mengatasi benjolan di bibir kemaluan sebelah kiri? Hal ini tidak lepas dari adanya komposisi yang sangat baik diantaranya:

  • Ekstrak Daun Sirsak
  • Ekstrak Kulit Manggis
  • Ekstak Daun Sirig Merah

Jika anda berminat dan ingin mengonsumsi Walatra Zedoril ini Segera pesan sekarang juga melalui whatsapp atau SMS dengan format sebagai berikut:

Walatra Zedoril #Jumlah Pesanan #Nama #Alamat Lengkap #No.Telp/Hp

Kirim ke 0812 2278 4949


Contoh :

Walatra Zedoril #3 Botol #Yusuf #Jalan Pahlawan Kota #085222908xxx

Kirim ke 0812 2278 4949

*Catatan : format tersebut dikirim pada no 0812 2278 4949 supaya memudahkan dalam memproses pengiriman barang

 

Baca Juga: Bahayakah Benjolan Di Kemaluan Wanita Sebelah kanan

Bagikan Artikel ini:
error: Content is protected !!