Bahaya Penyakit Campak Dan Rubella

Bagikan Artikel ini:

Bahaya Penyakit Campak Dan Rubella? Segera Tangani dan Jangan Biarkan Anak menjadi Korban….

Aladin Sehat РBahaya Penyakit Campak Dan Rubella РKini Indonesia sedang gencar mengkampanyekan akan bahayanya penyakit campak dan rubella ini. Seharusnya  Masyarakat Indonesia harus ingat bahwa campak dan rubella ini akan berdampak buruk pada anak mereka. Karena dengan di kampanyekan oleh pemerintah ini pastinya genting dan akan berbahaya jika tidak tertangani. Bahaya Penyakit Campak Dan Rubella bisa menimbulkan ke cacatan bahkan sampai kematian.

Oleh karena itu saya akan membahas dan menjelaskan apa itu campak dan rubella agar anda mengerti dan mampu menerapkan supaya bayi dan anak-anak anda sehat. Baiklah untuk mempersingkat waktu simak ulasam dibawah ini.

Bahaya Penyakit Campak Dan Rubella

Penegertian Campak dan Rubella

Memang dalam hal ini Campak dan Rubella tidak  jauh berbeda berbahayanya, dibawah ini saya akan jelaskan Mengapa campak dan rubella sangat berbahaya.

1. Campak

Apa itu penyakit campak? penyakit yang ditandai dengan mata merah, batuk pilek, dan munculnya ruam merah karena demam tinggi sebelumnya.

Bercak atau ruam merah ini akan muncul dengan selang waktu beberapa dhari setelah mengalami demam tinggi. Biasanya datang ruam merah ini berurutan diantaranya:

  1. Dari belakang telinga
  2. Sekitar kepala
  3. Leher
  4. Menyebar ke seluruh tubuh

Saya sarankan kepada anda jika terjadi hal demikian segeralah berkonsultasi dengan dokter atau anda bawa ke rumah sakit supaya tertolong. Telah tersedia vaksin untuk mencegah penyakit ini. Vaksin untuk campak termasuk dalam bagian dari vaksin MMR.

Hal apa yang harus dilakukan jika anak anda tidak terserang penyakit campak?. Jawabannya dalah selalu rutin untuk mengikuti prgram imunsasi yang telah disediakan oleh dinas kesehatan. Menurut data Departemen Kesehatan tahun 2015, Indonesia memiliki cakupan imunisasi campak kategori sedang di Asia Tenggara, yakni 84%. Indonesia berko

Dalam data terakhir dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa angka penyakit campak di Indonesia telah menurun sangat signifikan dari total 18.488 kasus pada akhir 2007 menjadi 8.185 kasus pada tahun 2015. Ini keberhasilan dari program Imunisasi campak yang sudah diterapkan sejak tahun 1982 sampai sekarang. Hal ini memicu pemerintah dalam kampanyenya yaitu Indonesia terbebas dari penyakit campak di tahun 2020 nanti.

2. Rubella

Rubella biasa disebut dengan campak jerman ini tidak kalah berbahaya dengan penyakit campak. Rubella sama halnya dengan campak yakni menimbukan ruam. Namun perbedaannya adalah ruam yang ditimbulkan oleh rubella memiliki khas yakni warna merah muda. Dengan gejala awal bintik-bintik dan akan menyebar pada seluruh tubuh. Gejala yang timbul ketika mengalami rubella ini adalah akan timbul kelenjar getah bening di belakang telinga. Namun jika penyakit ini diderita oleh orang dewasa akan menimbulkan nyeri pada persendian.

Dalam kebanyakan kasus rubella merupakan penyakit dengan kondisi ringan, tetapi jika Anda curiga Anda mengalami rubella, Anda harus menghubungi dokter untuk mengkonfirmasi apakah ruam akibat rubella atau campak, atau gejala penyakit lainnya. Terutama apabila Anda sedang hamil. Rubella dapat didiagnosis dengan tes darah.

Penanganan Penyakit Campak Dan Rubella

Penyakit Campak dan Rubella memanglah sulit disembuhkan jika sudah terjadi, namun kini ada solusinya dengan pemberian vaksin dengan terus gencar mengkampanyekan Imunnisasi disetiap daerah. Menteri Kesehatan Mengimbau bahwa “Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. Kita ingin mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan berkualitas di kemudian hari”.

Pada tahun ini rencananya akan melaksanakan kampanye bahaya penyakit campak dan rubella pada 6 provinsi, 119 kabupaten/kota dan 3.579 Puskesmas. Hal ini sangat di apresiasi dalam penanganan secara cepat membasmi penyakit campak dan rubella.

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!