6 Cara Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Harus Operasi

Bagikan Artikel ini:

Cara Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Harus Operasi. Pernahkan anda mendengar penyakit mata ikan ? Eitts,,, tapi yang dimaksud disini bukan penyakit mata ikan yang dialami ikan yaaaa. Penyakit mata ikan yang dimaksud disini adalah penyakit mata ikan yang terjadi pada kulit manusia Lhooo.

Ya, penyakit mata ikan atau disebut juga dengan clavus adalah penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Kondisi ini biasanya berbentuk bulat dengan ukuran yang kecil dibanding dengan kapalan. Selain itu, mata ikan juga memiliki bagian tengah yang bertekstur keras yang dikelilingi kulit yang meradang.

Penebalan yang berlebihan pada kulit yang berubah menjadi mata ikan juga bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama saat berjalan. Meski mata ikan bisa terjadi dimana saja, namun bagian yang paling sering terkena mata kaki adalah telapak kaki.

Selain itu, mata ikan juga biasanya lebih sering terjadi pada wanita dibanding dengan pria. Hal ini karena wanita lebih sering menggunakan sepatu yang tertutup dengan ukuran atau bentuk yang tidak nyaman.

Mata ikan sendiri cenderung tidak menimbulkan gejala apapun. Namun penderita biasanya akan menyadarinya ketika bagian kulit yang mengalami mata ikan terasa nyeri dan timbul penebalan kulit yang mengeras.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Harus Operasi

Apa penyebab terjadinya mata ikan ?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mata ikan bisa timbul akibat adanya tekanan dan gesekan diarea kulit yang sama secara berulang. Berikut beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan dan gesekan tersebut. Antara lain :

  • Pemakaian sepatu atau alas kaki yang tidak nyaman. Sepatu atau alas kaki yang terlalu sempit dan sepatu dengan hak tinggi (high heels) yang bisa menekan beberapa bagian kaki. Sebaliknya, sepatu yang terlalu longgar pun dapat menyebabkan beberapa bagian kaki bergesekan secara berulang dengan bagian dalam sepatu tersebut.
  • Sering menggunakan peralatan atau bermain alat musik dengan tangan. Meski kebanyakan kasus mata ikan terjadi pada telapak kaki. Namun bukan berati tidak bisa terjadi pada telapak tangan juga. Penebalan pada kulit bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan sebuah instrumen musik atau peralatan tangan yang kita gunakan sehari-hari.
  • Tidak menggunakan kaos kaki. Meski terlihat sepele, namun pemakaian kaos kaki cukup penting. Hal ini karena bisa saja ukuran sepatu terlalu besar, sehingga menyebabkan gesekan. Selain itu, penggunaan kaos kaki dengan ukuran yang tidak tepat juga bisa menimbulkan terjadinya gesekan dengan alas kaki.
  • Perokok. Mata ikan pada perokok atau pengguna pematik api (korek) bisa menimbulkan mata ikan pada kulit jempol tangannya. Kondisi ini terjadi karena gesekan berulang pada saat menyalakan pematik sebelum merokok.

Selain beberapa penyebab diatas, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena mata ikan. Seperti :

  • Adanya kelainan kelenjar keringat.
  • Bunion. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya benjolan pada sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang.
  • Memiliki bekas luka atau kutil.
  • Hammertoe. Kelainan atau cacat pada jari kaki yang bengkok dan berbentuk seperti cakar.
  • Kebiasaan berjalan dengan sisi dalam atau sisi luar.

Tidak menggunakan sarung tangan. Hal ini sama halnya dengan penyebab mata ikan yang disebabkan oleh tidak menggunakan kaos kaki. Seseorang yang bekerja dengan mengandalkan keterampilan tangan dan dalam waktu lama juga bisa menyebabkan adanya mata ikan pada kulit tangan.

6 Cara Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Harus Operasi

Meskipun mata ikan bukan jenis penyakit yang berbahaya atau menyebabkan kematian pada penderitanya, namun tetap saja harus mendapatkan penanganan. Hal ini karena mata ikan dapat menyebabkan rasa sakit pada penderitanya, terutama saat terjadi penekanan kulit misalnya saat berjalan. Menghilangkan mata ikan juga tidak harus selalu dengan operasi bedah. Ada beberapa cara alami yang bisa anda gunakan dalam menghilangkan mata ikan yang sedang anda alami.

Berikut cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi. Di antaranya :

1. Daun dewa

Cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi yang pertama adalah dengan menggunakan daun dewa. Seperti namanya, daun dewa memiliki banyak khasiat juga manfaat dalam mengobati penyakit. Salah satunya dalam menghilangkan mata ikan secara alami.

Caranya. Siapkan 5 lembar daun dewa, lalu cuci hingga bersih. kemudian tumbuk daun dewa hingga halus. Setelah itu, balurkan pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Jika sudah, balutlah dengan menggunakan kain kasa atau perban dan usahakan daerah tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas terlebih dahulu.

2. Getah pepaya

Selain daun dan daging buahnya yang bisa dimakan. Anda juga bisa menggunakan getah pepaya sebagai salah satu cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi. Caranya. Pertama-tama, rendam kaki terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air biasa dan keringkan menggunakan handuk yang bersih.

Jika sudah kering, oleskan getah pepaya pada arae yang terkena mata ikan tersebut. Lakukan cara yang sama secara rutin hingga mata ikan membaik dan hilang. Selain itu, usahakan agar area yang sedang diobati tidak digunakan dalam beraktivitas. Hal ini bertujuan agar proses penyembuhan berjalan cepat.

3. Bawang putih

Jika biasanya anda menggunakan bawang putih dalam masakan. Namun kali ini anda juga bisa menggunakannya sebagai salah satu cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi.

Caranya, ambil satu siung bawang putih, Kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus, oleskan bawang putih pada area kulit yang terkena mata ikan. Jika sudah, balutlah dengan menggunakan kain kasa atau perban. Dalam beberapa hari, mata ikan akan mulai membaik dan akhirnya sembuh total.

3. Batu apung

Cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan batu apung. Caranya, pertama-tama bersihkan terlebih dahulu area kulit yang terkena mata ikan seperti cara diatas. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung untuk menipiskan penebalan kulit di daerah tersebut.

4. Lemon

Meski selama ini kita menganggap lemon hanya bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit saja. Namun kali ini anda juga bisa menggunakannya sebagai salah satu cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi.

Caranya, gosoklah area kulit yang terkena mata ikan dengan menggunakan lemon. Lakukan cara yang sama secara rutin dan teratur. Lama-kelamaan area kulit yang mengalami mata ikan pun akan halus dan menipis. Sehingga mudah untuk digosok dengan menggunakan batu apung.

5. Getah kamboja

Meski cara ini terbilang cukup menyeramkan karena pohon kamboja identik dengan bunga kematian. Namun dibalik itu semua, getah kamboja bisa anda jugakan sebagai cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi.

Caranya, pertama-tama bersihkan terlebih dahulu area kulit yang terkena mata ikan seperti cara diatas. Setelah itu, oleskanlah getah kamboja pada area mata ikan secara merata. Lakukan hal yang sama secara rutin hingga mata ikan hilang.

6. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga bisa anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi. Saranya, tusuk bawang merah merah segar dengan menggunakan tusukan biasa. Setelah itu bakar hingga agar gosong. Jika sudah, lepaskan bawang tersebut dari tusukan, lalu geprek. Setelah itu, letakan bawang tersebut pada area kulit yang mengalami mata ikan.

Meskipun sedikit agak panas, tetapi cara ini terbukti ampuh dalam mengeluarkan kotoran yang ada dalam mata ikan. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari agar mata ikan cepat hilang.

Itulah 6 cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan permasalah anda dalam menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi.

Baca juga :

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!