fbpx

6 Cara Mencegah Osteoarthritis Sejak Dini Secara Alami

Bagikan Artikel ini:

Cara Mencegah Osteoarthritis – Osteoarthritis merupakan salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit atau nyeri, kaku dan bengkak.

6 Cara Mencegah Osteoarthritis Sejak Dini Secara Alami

 

Sendi yang paling sering mengalami osteoarthritis meliputi tangan, lutut, pinggul dan tualng punggung. Meskipun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi dibagian sendi mana saja. Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mencegah osteoarthritis yang bisa anda lakukan agar tak terserang kondisi tersebut. Simak ulasannya berikut ini

Penyebab dan Cara Mencegah Osteoarthritis Sejak Dini

Sebelum kita membahas mengenai cara mencegah osteoarthritis, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dulu apa saja faktor-faktor penyebab osteoarthritis itu sendiri. Hal ini bertujuan agar anda bisa menghindari faktor-faktor yang bisa memicu terjadinya osteoarthritis tersebut. Dan hal ini juga bisa anda lakukan sebagai salah satu cara mencegah osteoarthritis.

Dalam kasus osteoarthritis, tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan. Tulang rawan ialah jaringan ikat padat yang kenyal, licin, serta elastis. Jaringan ini menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindunginya dari gesekan saat ada pergerakan. Namun, saat tulang rawan mengalami kerusakan, dimana dari teksturnya licin menjadi kasar. Maka seiring waktu tulang akan bertabrakan dan sendi pun akan ikut terpengaruh.

Selain gangguan tulang rawan yang menjadi penyebab utama terjadinya osteoarthritis, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena osteoarthritis. Diantaranya :

  • Usia. Risiko osteoarthritis akan meningkat saat seseorang telah memasuki usia 50 tahun ke atas.
  • Jenis kelamin. Dibandingkan dengan pria, osteoarthritis lebih banyak dialami oleh wanita.
  • Cedera sendi. Seseorang yang pernah mengalami cedera pada sendi, memiliki kemungkinan osteoarthritis yang lebih tinggi.
  • Obesitas. Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan jantung, berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko osteoarthritis menjadi lebih tinggi.
  • Pekerjaan. Aktivitas fisik yang mengharuskan seseorang mengalami penekanan di titik tertentu secara terus-menerus juga dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoarthritis.
  • Kelainan pada tulang. Adanya kelainan (cacat) pada tulang rawan atau pembentukan sendi.
  • Menderita kondisi arthritis lain. Misalnya penyakit asam urat atau rheumatoid arthritis.
  • Faktor turunan/genetik.

Cara Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis bukanlah jenis penyakit yang bisa dicegah, namun seseorang dapat meminimalisir tingkat risiko keparahan atau komplikasi yang dapat menyebabkan kelumpuhan dengan melakukan beberapa hal berikut.

1. Rajin berolahraga

Cara mencegah osteoarthritis yang pertama yaitu dengan rajin berolahrga. Ada begitu banyak manfaat berolahraga bagi kesehatan tubuh. Salah satunya menguatkan otot dan sendi. Dengan otot dan sendi yang kuat, maka tingkat risiko keparahan osteoarthritis akan mengurang.

Jenis olahraga yang bisa anda lakukan pun tidak perlu terlalu berat, misalnya berjalan-jalan ringan selama 15-30 menit perhari.

2. Menjaga postur tubuh saat duduk atau berdiri

Cara mencegah osteoarthritis yang kedua yaitu dengan menjaga postur tubuh. Penting untuk menjaga posisi tubuh, baik itu saat posisi duduk ataupun berdiri. Duduk terlalu lama apalagi berjam-jam dengan posisi yang sama harus anda hindari. Hal ini lantaran akan mempengaruhi otot tubuh.

Begitupun dengan berdiri, berdiri terlalu lama juga tidak dianjurkan. Pasalnya, saat anda berdiri dalam waktu lama, maka secara tidak sadar, berat badan akan bertumpu pada satu titik (lutut). Dimana seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa aktivitas yang menekan satu titik, akan meningkatkan risiko osteoarthritis yang lebih besar.

3. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Cara mencegah osteoarthritis yang ketiga yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Seperti diketahui, berat badan berlebih atau obesitas bisa menjadi salah satu faktor penyebab osteoarthritis. Hal ini karena penumpukan lemak di tubuh akan memberikan tekanan ekstra pada bantalan sendi, khususnya yang berada dibagian pinggul dan lutut. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar anda menjaga berapa badan agar tetap ideal.

4. Usahakan agar anda tidak mengalami cedera

Cara mencegah osteoarthritis  yang keempat yaitu dengan mencegah terjadinya cedera. Mengingat tulang rawan tidak bisa sembuh dengan sempurna, maka mengusahan agar anda tidak mengalami cedera. Pasalnya, seseorang yang mengalami cedera sendi, patah tulang atau dislokasi tulang memiliki risiko arthritis 7x lebih besar dengan mereka yang tidak mengalami cedera.

5. Menjaga kadar gula darah

Cara mencegah osteoarthritis  yang kelima yaitu dengan menjaga kadar gula darah. Meski terlihat tidak ada sangkut pautnya, namun siapa sangka jika penyakit diabetes dapat memicu osteoarthritis. Ya, kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat mempercepat pembentukan molekul tertentu yang membuat tulang rawan menjadi kaku dan lebih sensitif.

Selain itu, penyakit diabetes juga diduga dapat memicu peradangan sistemik yang mengarah pada penipisan tulang rawan.

6. Pola hidup sehat

Cara mencegah osteoarthritis yang keenam yaitu dengan melakukan pola hidup sehat. Meskipun pertambahan usia tidak bisa dicegah, namun dengan menerapkan pola hidup sehat. Maka anda pun bisa mencegah terjadinya osteoarthritis. Hindari pula kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum alkohol atau kurang tidur.

Itulah beberapa cara mencegah osteoarthritis. Yang perlu anda ingat, osteoarthritis termasuk jenis kondisi yang tidak bisa disembuhkan secara sempurna. Sehingga melakukan pencegahan dan pendeteksian sejak dini akan mengurangi tingkat risiko keparahan dan komplikasi dari osteoarthritis.

Rekomendasi Sehat Sendi
Solusi Obat Herbal Mencegah osteoarthritis

Walatra Sehat Sendi - 5 Cara Mencegah Osteoarthritis Sejak Dini Secara Alami

Sehat Sendi merupakan produk herbal yang diformulasikan khusus untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pada persendian, otot dan tulang sampai tuntas. Hal ini tidak terlepat dari komposisi yang berkualitas dan juga proses produksinya yang menggunakan teknologi termodern dan tercanggih saat ini, yaitu Nano Teknologi.

Apa itu Nano Teknologi ? Yakni proses pembuatan bahan menjadi ukuran yang sangat kecil. Sehingga menghasilkan kualitas dan khasiat yang 3x lebih efektif dibanding dengan produk lainnya.

Detail Produk
Nama Produk Sehat Sendi
Isi 100 Kapsul
Legalitas BPOM TR 173306941 dan Halal MUI
Komposisi Akar kuning, Bratawali dan Daun salam
Aturan minum 2x sehari 2 kapsul
Cara penyimpanan Simpana Sehat Sendi ditempat kering dibawah suhu kamar, dan jauhkan dari sinar matahari langsung.
Khasiat Sehat Sendi

Selain mampu mencegah osteoarthritis, Sehat Sendi juga memiliki khasiat lainnya. Diantaranya :

  • Membantu proses penyembuhan penyakit rematik
  • Merawat tulang, otot dan persendian
  • Mengurangi dan membantu mengatasi nyeri sendi
  • Membantu proses penyembuhan penyakit asam urat
  • Menjauhkan dari pengapuran sendi
  • Membantu proses penyembuhan osteoporosis
  • Mempercepat pemulihan patah tulang
  • Mengatasi sendi bengkak
  • dan masih banyak lagi
Cara Pemesanan

Bagi anda yang tidak ingin terkena osteoarthritis atau memiliki keluhan pada persendian, otot dan tulang tunggu apalagi. Segera lakukan pemesanan Sehat Sendi sekarang juga. Cara pemesanannya sangatlah mudah, anda hanya perlu mengisi formulir dibawah ini secara lengkap dan benar.

Atau, anda bisa menghubungi kami di 0812 2278 4949.

Ayo,,, BURUAN ORDER SEKARANG JUGA !! KHUSUS HARI INI beli 2 botol Sehat Sendi akan mendapatkan GRATIS ONGKIR ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Cara Menurunkan Darah Tinggi Di Usia Muda

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!