fbpx

12 Makanan Yang Harus Dihindari Jika Ingin Cepat Hamil

Bagikan Artikel ini:

Makanan Yang Harus Dihindari Jika Ingin Cepat Hamil – Hadirnya momongan (anak) sering dianggap sebagai pelengkap sekaligus penyempurna dalam menjalankan bahtera rumah tangga. Hal ini pulalah yang menyebabkan banyak pasutri (pasangan suami istri) yang ingin sesegera mungkin untuk memiliki momongan.

12 Makanan Yang Harus Dihindari Jika Ingin Cepat Hamil

Namun sayangnya, tidak semua pasutri bisa dengan mudah dan cepat untuk memiliki momongan. Terkadang mereka harus menunggu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk memilikinya.

Lantas apa penyebab sulitnya pasutri untuk memiliki momongan ? Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab dan Makanan Yang Harus Dihindari Jika Ingin Cepat Hamil

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan pasutri belum juga dikaruniai momongan. Seperti pola hidup yang kurang sehat, adanya gangguan pada kesehatan (misalnya pada kesuburan), mengalami berat badan berlebih (obesitas), jarangnya berhubungan seksual dsb.

Tidak hanya itu, ternyata apa yang pasangan konsumsi juga bisa berpengaruh pada proses fertilisasi atau pembuahan. Oleh sebab itu, penting bagi pasangan yang ingin cepat memiliki momongan untuk mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil.

Berikut 12 makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil. Di antaranya :

  • Produk susu low fat

Makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil yang pertama adalah produk susu low fat. Meski pada dasarnya susu sangat baik bagi kesehatan, namun ketika susu tersebut telah bercampur dengan zat lain, maka akan beda lagi manfaat dan kegunaannya. Salah satunya produk susu low fat.

Tidak hanya itu, produk yoghurt rendah lemak pun juga harus anda hindari. Hal ini karena prduk susu low fat dan yogurt dapat menyebabkan tubuh untuk melepaskan hormon androgen. Dimana hormon ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Jika siklus menstruasi wanita berubah-ubah, maka siklus menstruasi pun akhirnya tidak menentu dan akan sulit untuk menghitung masa subur wanita. Masa subur wanita sangat mempengaruhi terhadap terjadinya fertilisasi atau pembuahan itu sendiri.

  • Minuman dengan kemasan botol plastik

Botol plastik mengandung senyawa BPA (bisphenol A) yang dapat menurunkan tingkat kesuburan pada kedua belah pihak. Oleh sebab itulah, bagi anda yang sedang melakukan program kehamilan sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuam dengan kemasan botol plastik.

Namun jika anda terdesak untuk membeli minuman dalam kemasan, ada baiknya jika anda memiliki kemasan botol kaca atau stainless steel karena lebih aman.

  • Daging dengan tingkat kemataangan medium rare

Makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil yang selanjutnya adalah daging dengan tingkat kematangan medium rare. Bagi anda penggemar steik, terutama dengan tingkat kematangan medium rare (setengah matang), sebaiknya mulai menghindarinya jika ingin cepat memiliki momongan. Namun jika anda tetap ingin memakannya, sebaiknya pilih dengan tingkat kematangan sempurna.

  • Telur setengah matang

Tidak hanya daging steik dengan tingkat kematangan medium rare saja, telur setengah matang juga sebaiknya anda hindari jika ingin cepat memiliki momongan. Hal ini karena makanan-makanan yang belum matang secara sempurna mengandung beberapa bakteri berbahaya, seperti salmonella, toxoplasmosis, dan coliform.

  • Makanan dan minuman yang mengandung listeria

Beberapa makanan seperti apel impor, susu murni, keju yang tidak dipasteurisasi termasuk makanan dan minuman yang mengandung bakteri listeria. Selain mengandung racun, bakteri ini juga dapat meningkatkan potensi keguguran bagi anda yang sedang hamil.

Meski proses kehamilan memang baru akan terdeteksi sekitar usia 4 minggu pertama. Namun ada baiknya jika anda menghindari makanan atau minuman yang mengandung bakteri listeria ini untuk menjaga kandungan dan kesuburan pasutri.

  • Terong

Makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil yang selanjutnya adalah terong. Terong mengandung zat solanin yang dapat menekan proses ovulasi yang tentu dapat menghambat kesuburan anda. Terlebih jika terong dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dijadikan lalapan. Maka akan berdampak buruk bagi kesuburan anda.

  • Minuman bersoda

Jika anda sedang melakukan program kehamilan, anda sebaiknya menghindari minuman yang mengandung soda. Pasalnya, soda menagndung zat gula dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan terbentuknya gas. Terlebih soda juga sangat sensitif dan berbahaya bagi perut anda.

Tidak hanya itu, minumana bersoda juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia sintetik yang akan memicu produksi racun pada tubuh anda. Racun ini jugalah yang menghalangi proses detoksifikasi dalam tubuh yang akan menghambat kesuburan anda. Baik sedang dalam proses program hamil atau saat hamil, minuman bersoda sangat tidak dianjurkan.

  • Seafood yang mengandung merkuri

Bagi mereka yang tidak sedang dalam program kehamilan mengkonsumsi makanan laut memang sangat dianjurkan karena banyak manfaatnya. Namun sayangnya, tidak jarang makanan laut atau seafood tersebut telah terkontaminasi oleh merkuri. Dimana jika kadar merkuri masuk ke dalam tubuh, maka dapat mengendap dan dikhawatirkan akan mempengaruhi sistem saraf janin.

Proses pembentukan sistem saraf biasanya dimulai sebelum wanita menyadari bahwa dirinya hamil. Oleh sebab itulah, sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi seafood atau makanan laut jika sedang melakukan program kehamilan. Sebagai penggantinya, anda bisa mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit, daging sapi rendah lemak, atau kacang-kacangan.

  • Kedelai

Makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil yang selanjutnya adalah kacang kedelai. Meski kedelai termasuk jenis kacang-kacangan yang mempu menggantikan asupan nutrisi dan karbohidrat komplek bagi tubuh anda. Namun, karena kedelai mengandung hormon estrogen, maka dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi terganggu. Tidak hanya itu, mengkonsumsi segelas susu kedelai perhari juga akan menyebabkan kemandulan pada wanita.

  • Makanan yang mengandung gula tinggi

Tidak hanya saat kehamilan, sebelum terjadinya kehamilan anda juga harus menghindari makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi. terlebih jika tidak dimbangi dengan olehraga yang cukup. Agar cepat hamil, anda bisa memilih makanan yang tinggi akan serat, protein dan rendah lemak.

Kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan meningkatnya berbagai risiko. Mulai dari peradangan, menyebabkan produksi hormon tidak stabil, hingga menghambat ovulasi atau pembuahan. Padahal, untuk terjadinya kehamilan, hormon-hormon repsroduksi harus tetap seimbang.

  • Minuman beralkohol

Tidak hanya produk susu low fat dan minuman bersoda, minuman beralkohol juga sangat dilarang bagi pasangan yang sedang melakukan program kehamilan. Seperti yang kita ketahui, alkohol adalah salah satu minuman yang mengandung zat yang sangat berbahaya dan bisa merusak kesehatan tubuh terutama bagi pasngan yang sedang menantikan hadirnya seorang buah hati.

Senyawa yang ada pada alkohol dapat menyebabkan menurunnya jumlah produksi hormon esterogen dan testostron pada tubuh seseorang. Hal ini berkaitan pula dengan hormon seks baik pria maupun wanita.

Tidak hanya itu, alkohol juga sangat berbahaya pada proses ovulasi dimana akan mengganggu proses ovulasi itu berlangsung. Jika pada pria, alkohol akan merusak kualitas sperma yang akan menghambat proses pembuahan pada uterus.

  • Sushi

Makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil yang terakhir adalah sushi. Makanan yang harus dihindari agar cepat hamil segera mendapatkan momongan adalah sushi. Sama halnya dengan daging steik medium rare dan telur setengah matang. Sushi juga termasuk makanan yang harus dihindari agar cepat memiliki momongan. Hal ini karena sushi terbuat dari ikan atau daging mentah. Seperti yang diketahui sebelumnya, makanan mentah mengandung bakteri berbahaya seperti coliform, salmonella dan toxoplasmosis yang berbahaya bagi tubuh.

Itulah 12 makanan yang harus dihindari jika ingin cepat hamil. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, khususnya bagi anda yang sudah mendambakan hadirnya seorang momongan.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal dap

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!