10 Cara Menghilangkan Bopeng Di Wajah Secara Alami

Bagikan Artikel ini:

Cara Menghilangkan Bopeng –  Jerawat merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama bagi para wanita. Dimana hal ini terjadi akibat pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung atau bintilan kecil berisi nanah yang meradang.

Saat jerawat muncul, banyak diantara kita yang justru memencetnya, baik itu karena malu atau mungkin merusak riasan wajah. Padahal hal ini sangatlah berbahaya, selain bisa menimbulkan iritasi dan infeksi, memencet jerawat juga akan menyebakan bopeng lhoo.

10 Cara Menghilangkan Bopeng Di Wajah Secara Alami

Apa itu bopeng ?

Bopeng adalah bekas luka jerawat yang menyebabkan kulit tampak terlihat kasar, seperti berlubang atau berlekukan. Bopeng umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk anda sendiri, yaitu memencet jerawat yang belum matang.

Kondisi ini sangat sering terjadi di masyarakat, terutama pada mereka yang sedang dalam masa puber atau reproduksi.

Penyebab Bopeng dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

Apa penyebab bopeng ?

Meski umumnya bopeng disebabkan oleh kebiasaan buruk memencet jerawat. Namun ada beberapa hal lain yang diduga bisa memicu adanya bopeng. Seperti menumpukan kulit atau sel mati, luka cacar, gigitan serangga (misalnya nyamuk) dan kondisi lainnya.

Bopeng terkadang sulit hilang, sehingga menyebabkan hilangnnya kepercaayan diri. Dengan alasan inilah yang menyebabkan banyak diantara kita yang mencoba berbagai cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat ini. Mulai dari menggunakan krim wajah sampai melakukan perawatan ke salon kecantikan.

Namun sayangnya, tidak sedikit dari kita yang bukannya mendapatkan kulit yang mulus dan bersih, justru malah menambah kerusakan pada wajah. Nah, oleh karena itulah, kami akan memberikan tips atau cara menghilangkan bopeng di wajah secara alami dan tentunya aman.

10 Cara Menghilangkan Bopeng Di Wajah Secara Alami

1. Lidah buaya

Cara menghilangkan bopeng di wajah secara alamiyang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang sudah dikenal sejak dahulu sebagai obat alami dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini karena lidah buaya mengandung zat alami yang mampu memperbaiki maupun menjaga kesehatan kulit.

Cara pemanfaatannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel yang ada pada lidah buaya pada kulit wajah. Kemudian diamkan sekitar 1 jam lamanya. Jika sudah, bilas wajah sampai bersih. Lakukan hal yang sama secara rutin dan teratur agar hasilnya lebih maksimal.

2. Madu dan jeruk nipis

Perpaduan antara kedua bahan ini memang sudah tidak diragukan lagi. Hal ini karena madu dan jeruk nipis sama-sama memiliki senyawa alami yang sangat baik untuk wajah.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu membuat masker wajah dengan campuran satu sendok makan madu dan satu buah perasan air jeruk nipis. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit. Lakukan hal yang sama secara rutin dan teratur hingga bopeng hilang.

3. Cuka apel

Meski memiliki rasa yang kecut, namun banyak khasiat dan manfaat yang ada pada cuka apel. Salah satunya dalam menghilangkan bopeng secara alami. Selain itu, cuka apel juga mampu mengecilkan pori-pori yang membesar. Meski pada awalnya penggunaan cuka apel akan menyebabkan kulit menjadi merah dan terasa sedikit perih. Namun cuka apel ini tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. anda hanya perlu menggunakan cuka apel sebagai toner setelah anda mencuci muka. Lalu diamkan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas.

4. Daun sirih

Cara menghilangkan bopeng di wajah secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih memang sudah dikenal sebagai tanaman obat. Hal ini karena khasiatnya yang mampu mengatasi berbagai penyakit, salah satunya dalam menghilangkan bopeng secara alami.

Cara pemafaatannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 10 lembar daun sirih, lalu haluskan. Jika sudah, jadikan daun sirih tersebut sebagai masker wajah. Tunggu hingga masker mengering sebelum akhirnya dibilas. Lakukan hal ini setidaknya 3 kali dalam seminggu.

5. Mentimun dan tomat

Siapa yang tidak mengenal kedua bahan ini ? Ya, hampir setiap orang mengenal kedua buah ini. Mentimun dan tomat mengandung senyawa alami yang mampu memperbaiki kerusakan kulit wajah.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan kedua bahan tersebut, kemudian mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Kemudian diamkan selama 30 menit atau sampai ekstrak yang ada pada masker teresap oleh kulit wajah. Jika sudah, anda bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukan hal yang sama secara rutin dan teratur sampai bopeng hilang.

6. Kacang kedelai

Selain sebagai bahan dasar pembuatan tempe, kacang kedelai dipercaya juga menjadi salah satu cara menghilangkan bopeng di wajah secara alami. Ini karena kacang kedelai memiliki nutrisi yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Pertama anda harus merendam kacang kedelai terlebih dahulu, sebelum akhirnya dihaluskan dengan cara diblender. Setelah itu oleskan kacang kedelai pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilaslah dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal yang sama setidaknya 3 kali dalam seminggu agar perawatan lebih maksimal.

7. Nanas

Buah yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus ini memang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Meskipun terkadang nanas memiliki rasa yang sedikit asam, namun hal tersebut tidak menjadi masalah. Ada banyak kandungan dan khasiat yang terdapat pada buah yang satu ini, mulai dari melancarkan pencernaan sampai mencega kanker usus. Tidak hanya itu, nanas juga mampu menjadi salah satu cara menghilangkan bopeng secara alami.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan nanas, lalu mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan hal yang sama secara rutin dan teratur agar proses perawatannya maksimal.

8. Minyak zaitun

Cara menghilangkan bopeng di wajah secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak, vitamin E dan K, zat besi, antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membuat kulit menjadi halus. Selain itu zat antioksidan pada minyak zaitun juga mampu mengurangi radikal bebas dan peradangan yang dapat menimbulkan kerutan pada kulit.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Pertama anda harus mencuci muka tertebih dahulu dengan menggunakan air hangat, hal ini agar pori-pori terbuka. Setelah itu oleskan minyak zaitun pada wajah dan diamkan selama 5 menit. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai bopeng beks jerawat hilang.

9. Jagung muda

Jika biasanya anda menggunakan jagung sebagai salah satu campuran sayur dalam menu makanan. Namun kali ini anda juga bisa menggunakan jagung sebagai salah satu cara menghilangkan bopeng di wajah secara alami. Namun untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, anda harus menggunakan jagung muda.

Caranya pemanfaatannya cukup mudah. Siapkan 3 buah jagung muda, kemudian parut hingga halus. Jika sudah, oleskan jagung tersebut pada kulit wajah. Sebaiknya anda menggunakan masker ini saat malam hari (sebelum tidur), hal ini karena pada malam hari wajah pastinya sedang istirahat. Anda bisa melakukan hal yang sama secara rutin dan teratur agar hasilnya lebih maksimal.

10. Lemon

Cara menghilangkan bopeng di wajah secara alami adalah dengan menggunakan lemon. Lemon mengandung senyawa alpha hydroxy acid yang dipercaya mampu menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah secara alami. Namun tidak semua orang bisa mengguakan cara ini, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Karena kulit sensitif akan mudah mengalami iritasi.

Cara pemanfaatannya cukup mudah. Anda hanya perlu memeras satu buah lemon, lalu mengaplikasikannya pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Itulah 10 cara menghilangkan bopeng di wajah secara alami. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat bagi anda, khususnya yang sedang mengalami masalah pada kulit wajah.

Baca juga :

Bagikan Artikel ini:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!